Internet Explorer Resmi Mati di Usia 27 Tahun

Jabarekspres.com-  Mulai hari Rabu kemarin, Microsoft tidak akan lagi mendukung browser yang dulunya dominan yakni Internet Explorer (IE).

Aplikasi berusia 27 tahun itu sekarang bergabung dengan ponsel BlackBerry, modem dial-up, dan Palm Pilots dalam tong sampah sejarah teknologi.

Kematian internet explorer bukanlah kejutan. Setahun yang lalu, Microsoft mengatakan bahwa mereka akan mengakhiri Internet Explorer pada 15 Juni 2022.

Perusahaan menjelaskan bahwa sudah waktunya untuk melanjutkan.

“Microsoft Edge tidak hanya pengalaman menjelajah yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih modern daripada Internet Explorer, tetapi juga mampu mengatasi masalah utama: kompatibilitas untuk situs web dan aplikasi lawas yang lebih lama,” Sean Lyndersay, manajer umum Microsoft Edge Enterprise , tulis dalam postingan blog Mei 2021.

 

Microsoft merilis versi pertama Internet Explorer pada tahun 1995, era kuno penjelajahan web yang didominasi oleh browser pertama yang sangat populer, Netscape Navigator.

Peluncurannya menandai awal dari akhir Navigator: Microsoft melanjutkan untuk mengikat IE dan sistem operasi Windows yang ada di mana-mana bersama-sama begitu erat sehingga banyak orang hanya menggunakannya secara default alih-alih Navigator.

 

Departemen Kehakiman menggugat Microsoft pada tahun 1997, dengan mengatakan itu melanggar keputusan persetujuan sebelumnya dengan mengharuskan pembuat komputer untuk menggunakan browsernya sebagai syarat untuk menggunakan Windows.

Akhirnya setuju untuk menyelesaikan pertempuran antimonopoli pada tahun 2002 atas penggunaan monopoli Windows untuk menekan pesaing.

Itu juga terjerat dengan regulator Eropa yang mengatakan bahwa mengikat Internet Explorer ke Windows memberikan keuntungan yang tidak adil atas saingan seperti Mozilla Firefox, Opera dan Google Chrome.

sementara itu, para penggunanya mengeluh bahwa IE lambat, rentan terhadap crash dan rentan terhadap peretasan.

Pangsa pasar IE, yang pada awal 2000-an lebih dari 90%, mulai memudar karena pengguna menemukan alternatif yang lebih menarik.

 

Saat ini, browser Chrome mendominasi dengan sekitar 65% pangsa pasar browser di seluruh dunia, diikuti oleh Apple Safari dengan 19%, menurut perusahaan analisis internet Statcounter.

(Japantoday)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan