Adakah Keutamaan Sedekah di Hari Jum’at? Berikut Penjelasannya

Jabarekspres.com – Banyak orang yang berpendapat jika sedekah di hari jum’at memiliki keutamaan ketimbang hari lainnya. Lantas, apakah hal itu benar?

Sedekah yaitu memberikan sesuatu kepada orang yang membutuhkan secara langsung, serta sukarela tanpa adanya batas jumlah dan waktu khusus.

Sementara itu, istimewanya hari jum’at bagi umat muslim membuat sedekah di hari itu akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Sebagaimana dilansir dari laman mui.or.id pada Jumat 17 Juni 2022, simak penjelasan mengenai keutamaan sedekah pada hari jum’at.

Agama islam mengajarkan kepada para pemeluknya untuk senantiasa berbuat baik terhadap sesama. Bahkan, setiap satu perbuatan baik membuat Allah SWT sangat cinta kepada hambanya.

Keutamaan sedekah di hari jum’at, Imam Syafii dalam kitab Al-Umm bab “Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat”, meriwayatkan hadits berikut:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Jadi, hari jum’at memiliki banyak keutamaan dan keberkahan, hal ini karena hari jum’at merupakan hari raya untuk umat Muslim.

Selain itu, pada hari Jumat Rasulullah SAW meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah.

Jika bersedekah pada jum’at di pagi hari dan hari-hari lainnya, maka akan mendapatkan doa dari para malaikat.

Dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Oleh karena itu, sebagai umat muslim jangan menyianyiakan kesempatan ini untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Jangan lupa untuk bersedekah dalam kondisi apapun.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan