Keistimewaan Hari Jum’at Bagi Umat Islam yang Perlu Diketahui

Jabarekspres.com – Hari jum’at adalah hari yang memiliki keistimewaan bagi umat Islam, tentunya lebih utama ketimbang hari-hari lainnya.

Oleh karena itu, setiap umat muslim harus mengetahui beberapa keistimewaan yang ada di hari jum’at.

Jadi, apa saja rahasia keistimewaan pada hari jum’at? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Jum’at 17 Juni 2022, berikut penjelasannya.

Keistimewaan hari Jum’at sudah ada sejak zaman kenabian Nabi Muhammad SAW. Dalam riwayat Muslim, dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jumat adalah sebaik-baiknya hari kala mentari terbit. Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Demikian pula ketika dimasukkan dan dikeluarkan dari surga. Dan tidak akan terjadi hari kiamat, kecuali pada hari Jumat”.

Ada beberapa hadits pendek tentang rahasia hari jum’at yang diriwayatkan Muslim:

1. Waktu mustajab untuk dikabulkan doa

Dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda bahwa ada waktu mustajab untuk berdoa pada hari jum’at.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang jika pada waktu itu seorang Muslim tepat berdoa memohon kebaikan kepada Allah maka Allah akan mengabulkannya. Dan rentang waktu itu cukup singkat”.

Selain itu, dalam hadits lain bahwa waktu mustajab yaitu saat Imam duduk di mimbar hingga selesai sholat. Dari ABu Burdah Rasulullah SAW bersabda, “Bahwasanya itu adalah waktu ketika imam duduk (di mimbar) sampai selesai sholat”.

2. Terjadinya peristiwa besar

Hadits pendek hari jum’at yang diriwayatkan Muslim, Rasulullah SAW bersabda tentang kejadian-kejadian besar yang terjadi di hari Jumat.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Jumat adalah sebaik-baiknya hari kala mentari terbit. Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Demikian pula ketika dimasukkan dan dikeluarkan dari surga. Dan tidak akan terjadi hari kiamat, kecuali pada hari Jumat”.

3. Amal baik akan dilipatgandakan

Rahasia lain dari hari jum’at adalah amalan kebaikan akan dilipatgandakan. Untuk itu, Anda bisa memperbanyak perbuatan baik di hari itu misalnya sedekah, tersenyum ke orang lain dan berdoa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan