Pandemi Covid 19, Pemerintah Diminta Perhatikan Pelayanan Kesehatan Mental

Editor:

“Perhatian pemerintah dalam penyediaan pelayanan kesehatan mental di masa pandemi seolah luput, dengan tidak ada produk hukum tersebut,” tegasnya.

Ditambahkan Restu, Padahal kesehatan mental merupakan komponen yang harus diikutsertakan dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Adapun rekomendasi kebijakan yang diberikan kepada pemerintah tersebut mencegah krisis kesehatan mental selama dan setelah pandemi dengan memfasilitasi hasil surveilans masalah kesehatan mental dan sumber daya kesehatan.
“Termasuk menyediakan dukungan akses informasi dan teknologi yang handal,” tambahnya.

Restu menuturkan, pemerintah harus memberi dukungan kesehatan jiwa dan psikososial bagi kelompok usia produktif dan kelompok rentan lainnya. Selanjutnya, memperluas jangkauan pelayanan kesehatan jiwa di masyarakat dengan mempermudah akses, terintegrasi dengan layanan kesehatan fisik, panduan layanan terstandar, dan penjangkauan aktif di komunitas.

“Caranya dengan memberikan dukungan dalam adaptasi untuk bekerja dan belajar dari rumah, penguatan interaksi dalam keluarga, serta jaminan sosial dan kesehatan,” tuturnya.

Restu mengungkapkan, dalam menjamin kesinambungan layanan kesehatan jiwa bagi orang dengan gangguan jiwa melalui pengembangan telemedicine. Ditambah, kebijakan akses obat, dan pencegahan risiko kesehatan fisik.

” Semua itu dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan mental kepada masyarakat, selama dan pasca pandemi Covid 19,” pungkasnya.(win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.