Dehidrasi, Belasan Jemaah Haji Dilarikan ke Rumah Sakit

JABAREKSPRES.COM – Belasan jemaah haji asal Indonesia terpaksa dilarikan ke rumah sakit, karena kondisi kesehatannya melemah dan harus segera mendapat perawatan. Mereka yang menjalani rawat inap rata-rata mengalami Dehidrasi, hipertensi dan beberapa penyakit lainnya.

“Totalnya ada 13 pasien jemaah haji. Yang di RS Arab Saudi ada tiga jemaah. Tapi sudah keluar atau sudah pulang semua,” kata Kepala Tim KKHI Madinah, Enny Nuryanti kepada wartawan, Senin (13/6).

Dari 13 orang pasien tersebut, terdiri atas 7 jamaah laki-laki dan 6 jemaah perempuan. Sedangkan total kunjungan jamaah haji ke rumah sakit sejak kedatanga di Madinah sebanyak 55 kunjungan.

Untungnya, seluruhnya mengalami penyakit ringan. Sehingga, tak diharuskan rawat inap atau mendapat perawatan khusus.

“Penyakit terbanyak adalah cellulitis, dehidrasi, diabetes mellitus, hipertensi dan luka bakar atau kaki melepuh. Karena cuacanya panas. Dari itu, jamaah diimbau tetap pakai kaus kaki dan sandal jika berada di luar hotel. Banyak minum air putih,” imbuhnya.

Enny berharap tidak banyak jemaah haji yang sakit. Mereka diharapkan mampu menjaga kesehatan lebih maksimal.

“Semoga tidak ada yang sakit. Itu dia dan harapan saya. Lancar dalam menjalankan ibadah haji,” katanya.

Diketahui, saat ini cuaca di Madinah, rata-rata mencapai 43-46 derajat celsius. Jemaah haji diharapkan, tidak berkepentingan atau tidak akan melaksanakan ibadah, disarankan untuk berada di pemondokan atau hotel. Jika harus banyak beraktivitas di luar hotel, tetap membawa air minum. (rb/rit)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan