oleh

Cara Mengatasi Trauma Berkepanjangan yang Patut Dicoba

Jabarekspres.com – Apakah Anda pernah mengalami pengalaman pahit dalam hidup yang masih membekas sampai sekarang? Untuk itu, ketahui cara mengatasi trauma berkepanjangan dalam artikel ini.

Dalam melupakan pengalaman atau kejadian buruk memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan, terkadang menjadi trauma yang membekas seumur hidup.

Akan tetapi, Anda tidak boleh terus terpuruk dalam kondisi tersebut, karena pengamalan buruk itu bisa mempengaruhi kualitas hidup Anda.

Baca Juga:  Apa Itu Toxic Productivity, Simak Penyebab serta Cara Mengatasinya

Jadi, bagaimana cara mengatasi trauma berkepanjangan? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Sabtu 11 Juni 2022, inilah penjelasannya.

1. Mengalihkan pikiran negatif

Cara pertama untuk mengatasi trauma berkepanjangan adalah mencari pengalihan dari pikiran yang negatif. Sebab, hal-hal negatif bila terus dipikirkan bisa mengganggu aktivitas Anda.

Alihkan pikiran negatif dengan cara menyibukkan diri, misalnya menekuni hobi, menjalani kegiatan sosial, ataupun bergabung dengan komunitas tertentu.

Baca Juga:  Seperti Apa Gejala Paranoid? Berikut Ini Penjelasannya

2. Bersikap lebih terbuka

Trauma terkadang bisa membuat seseorang menutup rapat-rapat dirinya dan tidak mau membaginya kepada orang terdekatnya.

Untuk itu,  Anda bisa mencurahkan pikiran ataupun perasaan kepada teman, keluarga atau dengan orang yang memiliki pengalaman serupa. Sehingga, diri Anda tidak akan merasa kesepian.

3. Mendekatkan diri dengan orang yang bisa membuat hati Anda tenang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.