Cara Mengatasi Trauma Berkepanjangan yang Patut Dicoba

Jabarekspres.com – Apakah Anda pernah mengalami pengalaman pahit dalam hidup yang masih membekas sampai sekarang? Untuk itu, ketahui cara mengatasi trauma berkepanjangan dalam artikel ini.

Dalam melupakan pengalaman atau kejadian buruk memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan, terkadang menjadi trauma yang membekas seumur hidup.

Akan tetapi, Anda tidak boleh terus terpuruk dalam kondisi tersebut, karena pengamalan buruk itu bisa mempengaruhi kualitas hidup Anda.

Jadi, bagaimana cara mengatasi trauma berkepanjangan? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Sabtu 11 Juni 2022, inilah penjelasannya.

1. Mengalihkan pikiran negatif

Cara pertama untuk mengatasi trauma berkepanjangan adalah mencari pengalihan dari pikiran yang negatif. Sebab, hal-hal negatif bila terus dipikirkan bisa mengganggu aktivitas Anda.

Alihkan pikiran negatif dengan cara menyibukkan diri, misalnya menekuni hobi, menjalani kegiatan sosial, ataupun bergabung dengan komunitas tertentu.

2. Bersikap lebih terbuka

Trauma terkadang bisa membuat seseorang menutup rapat-rapat dirinya dan tidak mau membaginya kepada orang terdekatnya.

Untuk itu,  Anda bisa mencurahkan pikiran ataupun perasaan kepada teman, keluarga atau dengan orang yang memiliki pengalaman serupa. Sehingga, diri Anda tidak akan merasa kesepian.

3. Mendekatkan diri dengan orang yang bisa membuat hati Anda tenang

Cemas yang berelebihan akan berdampak buruk terhadap psikis seseorang. Salah satu cara mengurangi rasa cemas yaitu berkumpul dengan orang-orang yang menenangkan dan memberikan efek positif kepada hidup Anda.

4. Relaksasi

Selain bersosialisasi, Anda juga bisa bermeditasi dan melakukan peregangan sebagai cara mengatasi trauma masa lalu.

Caranya yaitu pusatkan konsentrasi, pikiran, dan perasaan pada hal-hal positif, serta menumbuhkan semangat. Kemudian, pikirkan peristiwa-peristiwa atau hal yang membuat Anda bahagia.

5. Menghadapi rasa takut

Anda bisa menguatkan diri untuk menghadapi rasa takut, lalu jangan biarkan ingatan buruk itu menghalangi hidup untuk tetap bergerak maju ke masa depan.

6. Peduli pada diri sendiri

Peduli pada diri sendiri adalah cara yang paling tempat untuk menghadapi trauma. Anda bisa melakukan perawatan diri, seperti melakukan hal-hal menyenangkan dan memberikan waktu kepada diri sendiri.

Perlu diketahui, penyembuhan trauma berlangsung dalam lima fase, yaitu:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan