Kang DS  Pastikan Korban Kebakaran Pangalengan akan Dapat Tempat Tinggal Baru

JABAREKSPRES.COM – Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna memastikan, korban kebakaran yang terjadi di Desa Kertamanah Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, akan mendapatkan tempat tinggal baru. Hal ini terkait munculnya kendala relokasi karena lahan kebakaran merupakan milik perkebunan.

Ketika mengunjungi lokasi kebakaran, Bupati yang akrab disapa Kang DS itu, mendapatkan informasi bahwa lahan kebakaran sudah diasuransikan oleh pihak perkebunan.

“Urusan lahan ini terkait dengan kewenangan perusahaan, informasinya sudah diasuransikan oleh pihak perkebunan. Makanya pemerintah meminta kejelasan dengan surat bukti pernyataan dari asuransi. Apakan nanti akan dibangun lagi atau tidak,” ujarnya saat menyambangi para korban kebakaran di Pangalengan, Kamis (9/6)

Kang DS menambahkan, bila nantinya tidak ada kejelasan dari asuransi. Maka Pemerintah akan mencari langkah-langkah agar para korban bisa dipastikan memiliki tempat tinggal baru. 

Sementara disinggung dengan nasib para korban yang mencapai 12 kepala keluarga tersebut. Kang DS mengatakan sudah menyerahkan bantuan untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari para korban. Ada bantuan dari Dinas Sosial, BPBD juga dari berbagai elemen masyarakat.

Sementara salah satu korban kebakaran bernama Indra  mengatakan, saat ini kebutuhan makan dan pakaian sudah tercukupi. Hanya yang membuatnya resah adalah tempat tinggal untuk keluarganya. Karena sejak kebakaran dia menumpang dirumah keluarga adiknya.

“Kita menunggu saja nanti seperti apa informasi dari perangkat desa, apakah kembali dibangun disitu (lahan lokasi kebakaran) atau direlokasi. Karena tidak nyaman kalo kelamaan menumpang.” ujarnya yang mengaku memiliki bayi berusia 14 bulan tersebut.

Indra menceritakan, saat kejadian, dia dan keluarga kecilnya ada didalam rumah. Bapak dua anak ini mengaku mendengar teriakan dan langsung keluar rumah. Saat diluar rumah dia shock saat melihat api sudah melalap rumah tetangganya. Dia pun langsung mengevakuasi anak dan istrinya keluar rumah. Hanya dalam hitungan menit rumahnya ikut terbakar dan habis tak bersisa. 

Dari pantauan di posko kebakaran, bantuan  yang diterima terus mengalir. Pemerintah setempat langsung membentuk kepanitiaan penanganan bencana untuk mengkoordinasikan bantuan baik penerimaan juga penyaluranya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung juga sudah melakukan penanganan kedaruratan bagi para korban. Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD kabupaten Bandung, Diki Sudrajat, yang ditemui di lokasi kebakaran juga terlihat mengondisikan bantuan untuk para korban juga memantau langusng perkembangan psikologis para korban.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan