5 Rekomendasi Hewan Peliharaan yang Aman bagi Anak

Jabarekspres.com – Apakah Anda berniat membelikan hewan peliharan untuk sang buah hati. Namun, masih bingung dalam memilih hewan apa yang tepat dan aman?

Perlu diketahui, hewan peliharaan dipercaya berdampak positif terhadap tumbuh dan kembang anak, seperti meningkatkan suasana hati dan meredakan stress.

Untuk itu, apa saja rekomendasi hewan peliharaan yang aman bagi anak? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Kamis 9 Juni 2022, simak informasinya.

1. Kelinci

Kelinci merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan, sehingga tidak jarang banyak anak-anak yang ingin memeliharanya.

Akan tetapi, dalam merawat hewan ini memang tidak mudah. Bahkan, bila Anda salah memberikan makanan yang tepat bisa membuatnya sakit.

Selain itu, kelinci juga dianggap sebagai hewan yang cukup mudah untuk dipelihara, sebab bisa cepat nurut kepada pemiliknya.

2. Kura-kura

Kura-kura termasuk hewan peliharaan yang memiliki umur cukup panjang, apabila dirawat dengan benar.

Sementara itu, kura-kura jarang menimbulkan alergi pada anak. Namun, harus memperhatikan pemeliharaan reptil ini, karena kura-kura berpotensi menularkan salmonella dengan mudah.

Jangan lupa mengajarkan anak untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, setelah memegang kura-kura.

3. Ikan hias

Ikan hias bisa pilihan hewan peliharaan untuk anak-anak. Selain cara merawatnya sangat mudah, Anda juga tidak perlu menyediakan tempat yang besar untuk menyimpannya.

Sebaiknya membeli ikan di toko khusus jual ikan. Sehingga penjualnya akan memberi tahu Anda tentang cara merawat ikan dengan baik.

4. Guinea pig

Hewan peliharaan yang mudah dirawat selanjutnya adalah guinea pig. Hewan pengerat ini sangat suka ketika berada di tengah-tengah manusia.

Guinea pig bersifat tenang dan gemar duduk di atas paha manusia sambil mengeluarkan suara imutnya.

Cara merawatnya cukup mudah yaitu jangan lupa membersihkan kandang dari kotorannya. Sementara untuk makanannya, hewan lucu ini suka dengan buah dan sayur.

5. Burung parkit

Rekomendasi hewan peliharaan yang terakhir adalah burung parkit atau kenari. Bagi anak-anak yang ingin memeliharanya, burung ini sangat mudah dirawat.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan