Manfaat Lidah Buaya untuk Meredakan Jerawat, Serta Cara Penggunaannya

Jabarekspres.com – Semua orang sudah mengetahui jika lidah buaya memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, dan salah satunya dapat meredakan jerawat.

Tanaman ini selain bisa mengatasi jerawat, juga dapat memudarkan noda bekas jerawat.

Manfaat lain dari lidah buaya yaitu bisa digunakan untuk mengatasi kulit terbakar atau luka ringan di kulit.

Oleh karena itu, tanaman yang diduga berasal dari kepulauan Canary di sebelah barat Afrika ini dianggap efektif untuk merawat kesehatan kulit.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Sabtu 4 Juni 2022, berikut manfaat lidah buaya untuk meredakan jerawat, serta cara penggunaannya.

Dalam lidah buaya terdapat kandungan senyawa aktif seperti aloin, flavonoid, fenilpiron, fenilpropanoid, kumarin, pitosterol, analog naftalena, lipid, dan vitamin.

Semua kandungan itu memiliki efek antiradang, antibakteri, dan antioksidan. Sehingga, sifat antibakteri pada gel lidah buaya mampu mengontrol dan mengurangi bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, efek antiradang pada lidah buaya bisa menenangkan iritasi kulit dan mengurangi kemerahan akibat jerawat.

Kemudian, senyawa dalam lidah buaya yang disebut aloin, dapat mengurangi produksi melanin yang memicu bekas jerawat berwarna lebih gelap dari kulit sekitarnya.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat

Lidah buaya yang digunakan harus dalam bentuk gel yang akan dioleskan ke kulit.

Setelah itu, Anda bisa menggunakannya sebagai pelembap ataupun masker wajah.

Jangan lupa untuk memilih produk berlabel 100% gel lidah buaya murni dan bebas pewangi.

Namun, bagi Anda yang ingin mengambil gel lidah buaya langsung dari daunnya, bisa pilih daun lidah buaya yang segar dan gel bening, lantas oleskan langsung ke kulit.

Meski lidah buaya biasanya tidak menimbulkan efek samping, sebaiknya hentikan pemakaiannya jika kulit Anda menjadi kemerahan, bentol-bentol, dan gatal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan