4 Penyakit Infeksi dari Hewan Peliharaan yang Bisa Menular ke Manusia

Jabarekspres.com – Kini Anda harus mulai lebih memperhatikan kesehatan hewan peliharaan, karena ada beberapa penyakit dari hewan yang bisa menular kepada manusia.

Memang hewan peliharaan terbukti dapat memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya. Akan tetapi, Anda tetap perlu waspada, sebab ada penyakit infeksi dari hewan peliharaan yang dapat menginfeksi manusia.

Jadi, apa saja penyakit hewan peliharaan yang bisa menular ke manusia? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Jum’at 3 Juni 2022, berikut informasinya.

1. Toksoplasmosis

Toksoplasmosis adalah penyakit infeksi yang bisa menular dari hewan peliharaan ke manusia.

Penyakit ini disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii dan sering kali tidak bergejala, sehingga penderitanya kerap tidak menyadari bahwa ia sedang terinfeksi.

Penyakit ini menjadi berbahaya bagi ibu hamil, sebab dapat menginfeksi janin dan menyebabkan keguguran atau cacat lahir.

Perlu diketahui, parasit Toxoplasma gondii biasanya ditemukan pada kotoran kucing yang terinfeksi.

Bagi ibu hamil atau orang dengan sistem imun yang lemah, maka tidak diperbolehkan untuk membersihkan kotoran dan kandang hewan.

2. Rabies

Rabies adalah penyakit infeksi yang menyebar melalui gigitan anjing, kucing, sapi, kambing, kuda, musang, atau monyet, yang terinfeksi oleh virus penyebab rabies.

Virus rabies dapat menginfeksi sistem saraf pusat. Apabila Anda terlambat mendapatkan pertolongan medis, virus ini dapat menyebabkan gangguan di otak yang berujung pada kematian.

3. Infeksi bakteri Bartonella henselae

Apakah Anda pernah mendapatkan luka akibat gigitan dan cakaran kucing? Banyak orang yang berfikir luka ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Padahal, jika tidak dibersihkan dan diobat, bisa memicu infeksi bakteri seperti bakteri Bartonella henselae.

Tanda seseorang terinfeksi bakteri ini seperti luka yang membengkak dan bernanah, demam, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan.

4. Kurap

Ketika menyentuh hewan peliharaan yang terjangkit kurap, maka bisa menularkannya kepada diri Anda.

Faktor penyebab kurap, yaitu jamur Dermatophytosis. Kurap dapat dicegah dengan menjaga kebersihan diri. Sebaiknya Anda selalu mencuci tangan setelah bermain dengan hewan peliharaan.

Demikian informasi tentang berbagai penyakit infeksi dari hewan peliharaan yang harus Anda waspadai.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan