Perusahaan Amerika Serikat Mengambil Alih Kepemilikan AC Milan

Jabarekspres.com – Kepemilikan tim yang baru saja menjadi juara Liga Italia, AC Milan, telah berpindah ke perusahaan investasi asal Amerika Serikat, yakni RedBird Capital Partners dengan nilai kesepakatan sebesar 1,2 miliar euro atau sekitar Rp 18,6 triliun.

Pemilik saat ini akan diizinkan untuk mempertahankan investasi minoritas dan kursi di dewan sesuai kesepakatan yang dikatakan klub pada hari Rabu.

“Kami… bersemangat untuk memainkan peran di babak klub berikutnya karena klub ini kembali ke tempat yang semestinya di puncak sepak bola Italia, Eropa, dan dunia,” kata pendiri dan mitra pengelola RedBird Gerry Cardinale dalam sebuah pernyataan.

RedBird sudah berakar di dunia olahraga, dengan mereka telah menjadi investor di Fenway Sports Group yang memiliki Liverpool dan tim bisbol Boston Red Sox.

Mereka juga memiliki saham pengendali di salah satu klub sepak bola asal Prancis, Toulouse.

“Filosofi investasi RedBird dan rekam jejak dalam kepemilikan tim telah menunjukkan bahwa klub sepak bola bisa sukses di lapangan dan berkelanjutan di luarnya,” tambah Cardinale.

Klub sepak bola Italia baru-baru ini menarik perhatian investor luar negeri yang tertarik dengan penilaian yang lebih murah dibandingkan dengan Liga Premier Inggris, misalnya.

AC Milan baru saja menancapkan kaki mereka setelah menjadi kekuatan yang mendominasi di sepak bola Eropa di bawah kepemilikan mantan Perdana Menteri Silvio Berlusconi.

AC Milan telah mangkir dari Liga Champions semenjak 2007 dan mereka baru saja mengakhiri penantian 11 tahun untuk Scudetto.

Milan, pemenang Piala Eropa tujuh kali, akan berusaha untuk memperkuat peringkat mereka selama penutupan musim untuk membantu mempertahankan gelar liga Italia mereka dan meningkatkan tantangan di Liga Champions.

Transisi AC Milan ke RedBird akan berlangsung selama musim panas, dengan perkiraan penutupan kesepakatan selambat-lambatnya September, pernyataan klub menambahkan.

Mantan eksekutif Arsenal Ivan Gazidis adalah CEO klub sementara mantan pemain Paolo Maldini menjabat sebagai direktur teknis.

Tim berjuluk Rossoneri (Si Merah-Hitam) itu menutup musim di peringkat pertama klasemen Serie A 2021-2022 dengan koleksi 86 poin, alias unggul dua angka dari Inter Milan.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan