Makanan Bernutrisi Dengan Bentuk Aneh, Berani Mencoba?

JABAREKSPRES.COM  – Pecinta kuliner seharusnya tidak hanya memilih makanan yang memiliki rasa lezat dan penampilan menggoda selera. Namun juga harus mempertimbangkan makanan yang bernutrisi atau kandungan gizi yang layak untuk dikonsumsi.

Namun bagaimana bila makanan bergizi ini memiliki bentuk yang aneh, dimana membutuhkan keberanian untuk memasukannya kedalam mulut, merasakan sensasinya dan terakhir menelannya.

Beberapa wilayah di Indonesia memiliki bahan makanan yang cukup aneh untuk dikonsumsi, dan ternyata bahan makanan aneh ini memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Makanan tersebut dibilang aneh karena tidak umum dikonsumsi. Namun untuk yang sudah terbiasa mengolah dan memakannya, maka bisa jadi yang dibilang aneh tersebut akan menjadi hidangan lezat.

Bagi yang merasa tertantang ingin mencobanya, harus mempersiapkan diri dan cukup tega untuk melahap dan memasukkan ke dalam mulut.

Berikut deretan makanan aneh dengan kandungan nutrisi tinggi, yang aman dikonsmsi bila diolah dengan cara yang benar.

1. Sarang Lebah

Sarang lebah dibentuk dengan senyawa propolis. Ribuan tahun lalu, Propolis sudah digunakan sebagai obat untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

Kini, propolis masih terus digunakan dan dimanfaatkan serta diambil manfaatnya yang kaya tapi sudah dalam kemasan yang jauh lebih modern serta bisa dikonsumsi dengan mudah.

Propolis dikonsumsi bersamaan dengan madu. Di dalamnya, memiliki kandungan antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Beberapa penelitian bahkan menemukan keterkaitan erat antara propolis dengan proses penyembuhan luka yang lebih cepat, mengatasi gejala herpes, dan mencegah kanker jenis tertentu.

2 Ubur-ubur

Tidak banyak masyarakat mengetahui bahwa tidak semua ubur-ubur beracun. Malah, ubur-ubur juga bisa diolah menjadi makanan.

Jika dibersihkan dan dipersiapkan dengan tepat, beberapa jenis ubur-ubur terbukti aman dari kontaminasi bakteri atau patogen lainnya.

Dikutip dari Healthline, 58 gram ubur-ubur kering mengandung 3 gram protein, 1 gram lemak, 45 pesen kebutuhan selenium harian, 10 persen kebutuhan kolin harian, dan 7 persen kebutuhan zat besi harian.

Ubur-ubur juga mengandung lemak tak jenuh sehingga sehat bagi tubuh.

Selain itu, jenis ubur-ubur tertentu juga mengandung polifenol, yakni agen antioksidan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan