Bukan Mendahului Nasib, MUI Ajak Salat Gaib Untuk Mendoakan Eril Agar Segera Ditemukan

JABAREKSPRES.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat mengajak warga Jabar untuk menggelar salat gaib. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya mendoakan Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, anak Gubernur Ridwan Kamil, agar segera ditemukan dalam kondisi selamat.

Imbauan tersebut terkait pencarian Eril yang hilang di sungai Aare, Swiss. Hingga hari ke enam upaya pencarian, belum juga menunjukan ada hasil yang diinginkan.

Terlebih keluarga sudah pasrah dan ikhlas dengan apapun hasilnya, karena ikhtiar pencarian juga sudah maksimal dilakukan.

Sekretaris MUI Provinsi Jawa Barat Rafani Akhyar mengatakan, alasannya dikeluarkannya imbauan untuk salah gaib, karena pencarian Eril sudah memasuki hari keenam. Sehingga salat gaib sebagai upaya ikhtiar menolong Eril.

“Kalau memang belum ada kepastian hingga enam hari ini, sebaiknya bisa dilaksanakan shalat gaib. Itu tuntunannya,” katanya, Rabu, 1 Juni 2022.

Menurutnya, anjuran tersebut berdasarkan kondisi proses pencarian Eril di Sungai Aare, Bern, Swiss oleh tim SAR yang hingga saat ini belum membuahkan hasil.

Sementara proses pencarian saat ini sudah memasuki hari keenam sejak Emmeril dilaporkan hilang pada Kamis, 26 Mei 2022.

Diungkapkannya, salat gaib dilakukan bukan mendahului nasib dari Eril yang belum mendapatkan titik terang. Namun, hal itu bagian dari ikhtiar dan menolong Emmeril.

“Untuk menolong yang bersangkutan dari sisi keagamaan kita bisa segerakan salat gaib. Ini sesuai tuntunan agama. Salat gaib ini kan mendoakan,” ujarnya.

Dia mengatakan MUI Jawa Barat sejak awal sudah memberikan imbauan resmi pada warga dan MUI tingkat kabupaten/kota untuk menggelar doa bersama agar Eril bisa segera ditemukan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga dalam keadaan selamat.

Dikatakannya MUI Jawa Barat dan MUI tingkat kabupaten/kota bersama Wakil Gubernur Jawa Barat, pejabat eselon II dan keluarga menggelar doa bersama di Gedung Negara Pakuan Bandung.

MUI juga terus mengimbau agar warga memberikan dukungan dan empati kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarga agar Eril dapat ditemukan dalam keadaan selamat. (fin/rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan