Hari Ini Pendataan Peserta PPDB SMP dimulai, Disdik Sebut Tahun Ini Lebih Transparan

BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menyebut bahwa mulai hari ini tanggal 25 Mei 2022 sistem pendataan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tingkat SMP sudah mulai dilaksanakan.

Meski begitu, pendaftaran resmi PPDB tingkat SD dan SMP baru akan dimulai pada 13-17 Juni mendatang.

“Hari ini tanggal 25 Mei (2022) sudah mulai pendataan, mudah-mudahan apa yang sudah disampaikan ke seluruh satuan pendidikan (Sekolah) bisa direspon dan orang tua bisa memberi datanya, dan untuk penerimaannya 13 – 17 Juni nanti,” ucap Kepala Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar di Taman Dewi Sartika, Balaikota Bandung, Rabu (25/5).

Hikmat juga menjelaskan, pada pelaksanaan PPDB tahun ini ada beberapa perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya.

Yang dimana pada tahun 2021 lalu, pelaksanaan PPDB dilaksanakan mengunakan beberapa jalur seperti Afirmasi, Perpindahan Orang tua, Prestasi hingga Zonasi.

“Untuk tahun ini ada 3 (jalur) seperti Afirmasi, Perpindahan Orang tua dan didaftarkan waktu sama, dan Zonasi di jadwal berikutnya,” katanya

Sementara, ketika disinggung terkait rawannya terjadi jual beli kursi saat pelaksanaan PPDB dimulai, ia menegaskan bahwa pihaknya akan melaksanakan kegiatan ini secara transparan dan berkomitmen terhadap aturan.

“Saya kira apa yang jadi azas pelaksanaan PPDB adalah transaparan dan akuntabel. Jadi saya kira satuan kerja kami tidak akan ada yang lakukan itu (praktik jual beli kursi). Kami akan komit dengan aturan yang telah ditetapkan,” imbuhnya. (Mg4).

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan