Banjir Rob Terjang Tegal, 50 Warga Ngungsi di Masjid

JABAREKSPRES.COM – Pesisir utara Pulau Jawa beberapa waktu terakhir sedang mengalami gelombang tinggi, hampir diseluruh pantai di utara mengalami banjir rob. Selain Semarang, wilayah Jawa Tengah yang juga mengalami banjir rob cukup tinggi adalah Tegal.

Banjir rob yang menerjang wilayah pesisir di Kabupaten Tegal membuat sejumlah warga harus meninggalkan rumahnya untuk mengungsi. Pasalnya, ketinggian genangan air laut itu mencapai sekitar 30-50 centimeter.

Seperti yang terjadi di RW07 Kelurahan Dampyak Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Senin (23/5) petang. Sejumlah warga terpantau megungsi di masjid karena rumahnya tergenang air.

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo malui Kepala Markas Sunarto mengatakan dari keterangan warga, banjir rob air laut datang sekitar pukul 18.00 WIB.

Ketinggian air terus meningkat hingga masuk ke dalam rumah mereka.
“Dari hasil assesmen, banjir mulai datang sekitar pukul 18.00 WIB,” katanya.

Akibat kejadian itu, kata Sunarto, sedikitnya ada 50 warga yang mengungsi ke masjid terdekat. Mereka terdiri dari anak-anak sebanyak 25, 2 balita, 5 orang lansia, dan 18 orang dewasa.

“Ada yang mengungsi sekitar 50 orang di Masjid terdekat,” jelasnya lagi.

Sementara itu, dari pantauan Grup JabarEkspres, radartegal.com, saat ini banjir  di beberapa lokasi baik di Kota maupun Kabupaten Tegal mulai surut. Warga pun sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

Meski begitu, diperkirakan banjir rob akan kembali terjadi sore nanti. (rt/rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan