Waspada! Ini Perbedaan Cacar Monyet dengan Cacar Air

Jabarekspres.com – Wolrd Health Organization (WHO) telah memberikan peringatan mengenai wabah cacar monyet atau monkeypox. Cacar ini sudah menyebar di Inggris, Portugal dan Spanyol.

WHO mengatakan biasanya cacar monyet hanya dapat ditemukan di kawasan Afrika, terutama Afrika Barat dan Afrika Tengah.

Fenomena cacar tersebut bukan hanya menyerang 3 negara itu saja, melainkan Prancis juga terdapat kasus yang terdeteksi di wilayah Paris/Ile-de-France.

Terdapat 2 macam cacar yakni cacar monyet dan cacar air, berikut perbedaanya:

Cacar monyet

Cacar monyet merupakan penyakit yang dapat menular dari orang ke orang, tetapi sumber utamanya adalah hewan pengerat dan primata, seperti tikus, monyet, atau tupai yang terinfeksi

Penyakit cacar ini disebabkan oleh virus monkeypox. Virus ini menyebar melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit.

Penularan cacar tersebut awalnya terjadi dari hewan ke manusia, melalui cakaran atau gigitan hewan yang terinfeksi virus monkeypox, seperti monyet atau tupai.

Kontak langsung dengan cairan tubuh hewan yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi juga dapat membuat seseorang tertular penyakit tersebut.

Gejala Cacar Monyet

– Demam

– Letih atau lemas

– Menggigil

– Sakit kepala

– Nyeri otot

– Pembengkakan kelenjar getah bening, yang ditandai dengan benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan

Gejala awal cacar monyet dapat berlangsung selama 1–3 hari atau lebih. Setelah itu, ruam akan muncul di wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain, seperti lengan atau tungkai.

Ruam yang muncul akan berkembang dari bintil berisi cairan hingga berisi nanah, lalu pecah dan berkerak, kemudian menyebabkan borok di permukaan kulit. Ruam ini akan bertahan hingga 2–4 minggu.

Cacar Air

Cacar air (chickenpox) pernah menjadi penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Namun, setelah vaksinasi cacar air dilakukan sejak tahun 1990-an, kasus cacar air mulai berkurang secara bertahap.

Gejala cacar air adalah ruam merah di wajah, dada, atau punggung, yang dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh. Cacar air juga ditandai dengan keluhan lain, seperti:

– Demam

– Sakit kepala

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan