RSHS Bandung Bantah Pasien Kanker Stadium 4 Meninggal Karena Kelalaian Petugas, Begini Penjelasannya

BANDUNG – Pasien pengidap kanker stadium 4 meninggal saat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Dalam video yang beredar di media sosial, hal tersebut terjadi karena petugas rumah sakit lalai untuk mengganti tabung oksigen.

Pelaksana Harian (PLH) Dirut RSHS Bandung, Dr. Yana Akhmad Supriatna Sp.PD-KP membenarkan kejadian tersebut terjadi di RSHS Bandung.

Namun, Yana mengatakan oksigen yang diberikan kepada pasien tersebut tidak habis. Bahkan udara yang diberikan tetap mengalir seperti biasa.

“Terkait dengan pemberitaan masalah oksigen, bahwa oksigen yang diberikan kepada pasien tidak habis, dan terlihat juga oksigen dari tabung oksigen ada masker yang dipakai oleh pasien, masker juga mengembun berisi udara, dan tabung juga ada angka yang menunjukkan volume oksigen tidak kosong,” jelasnya saat mengklarifikasi kejadian tersebut melalui virtual, Jumat (20/5).

Yana juga menambahkan, jika dilihat bahwa kondisi pasien tersebut dalam kondisi yang cukup serius. Sehingga pada saat itu pihaknya langsung menempatkan pasien tersebut ke ruangan observasi.

“Karena pasien ini cukup serius, kami sebagai petugas menempatkan pasien di tempat yang harus diobservasi, dan dapat dilihat juga terdapat tabung oksigen lainnya (cadangan) selain yang digunakan oleh pasien, dan kemudian juga dalam perawatan,” katanya.

Atas kejadian tersebut, Yana selaku dari pihak dari RSHS Bandung meminta maaf kepada keluarga pasien dan menyampaikan turut berbela sungkawa.

“Dalam kesempatan ini kami (RSHS Bandung) menyampaikan permohonan maaf  dan menanggapi video yang viral di sosmed (sosial media), dan kami juga menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya pasien kami yang dirawat,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, viral sebuah video di media sosial pasien pengidap kanker stadium 4 meninggal saat menjalani perawatan intensif di RSHS Bandung karena petugas rumah sakit lalai untuk mengganti tabung oksigen.

Video tersebut memperlihatkan adanya perdebatan antara petugas dengan keluarga pasien. Keluarga pasien juga marah kepada petugas Rumah Sakit karena lalai dalam mengganti tabung oksigen yang sudah habis pada saat digunakan oleh pasien, akibatnya pasien meninggal dunia. (mg4/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan