Trik dan Cara Agar Mata Tidak Perih Saat Mengiris Bawang Merah

Jabarekspres.com- Bawang merah merupakan bumbu maskan yang sering dipakai pada masakan Indonesia. Bawang merah juga bisa menambahkan cita rasa dalam masakan. Tetapi saat mengirisnya membuat mata perih. Berikut cara agar mata tidak perih saat mengiris bawang merah.

Kegiatan mengiris bawang merah membuat mata perih jika kita mengiris bawang merah yang cukup banyak.

Tetapi taukah kamu, ternyata ada trik yang bisa kamu lakukan agar saat mengiris bawang merah mata anda tidak perih. Berikut adalah cara agar mata tidak perih saat mengiris bawang merah.

  1. Simpan di kulkas

Trik pertama adalah simpan bawang merah di kulkas terlebih dahuli sebelum diiris. Anda bisa mendinginkan bawang merah di dalam freezer selama 10-15 menit sebelum dipotong.

Hal ini bisa membuat mata Anda tidak perih karena penyimpanan di freezer mengurangi jumlah enzim asam yang dilepaskan ke udara.

Hal ini juga tidak akan membuat kualitas bawang merah menurun. Tetapi janganlah taruh bawang dengan bahan lain seperti buah-buahan.

Jangan juga Anda menyimpan terlalu lama bawang dalam kulkas, karena hal itu membuat kulkas memiliki bau yang tidak sedap.

 

  1. Menghilangkan akarnya

Trik yang kedua adalah bersihkan dan buang akar dari bawang terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena enzim air mata terpusat ada di akar bawang.

 

  1. potong dari atas

Potonglah bawang dari atas menuju pangkal untuk menghindari mata perih saat mengiris bawang. Hal ini dlakukan karena kandungan sulfoksida paling banyak ada di dekat akar.

 

  1. Rendam dalam air

Selanjutnya adalah rendamlah bawang dalam air sebelum di iris. Pasalnya, enzim akan terdenaturasi akibat batas air dan udara.

Tetapi teknik ini membuat rasa bawang terpengaruhi. Selain itu, bawang akan menjadi lebih licin saat dipegang.

  1. 5. Mengiris sambil bersiul

Cara ini mungkin terasa aneh, namun efektif. Bersiul dapat menciptakan aliran udara yang cukup guna mengusir gas bawang merah dari wajah Anda sehingga tidak mencapai mata.

 

  1. Potong dekat ventilasi

Anda bisa memotong bawang didekat ventilasi udara seperti jendela. Atau Anda juga bisa memakai kipas angin didekat Anda.

Tinggalkan Balasan