Timnas U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021, Shin Tae-yong: Pertandingan Sulit!

Jabarekspres.com Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke semifinal SEA Games 2021. Pada laga terakhir penyisihan grup A SEA Games 2021 yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu (15/5), Timnas melangkah pasti setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1.

Kemenangan atas Myanmar ini menempatkan Indonesia pada puncak klasemen sementara Grup A, disusul Vietnam, Myamar, Filipina dan Timur Leste.

Namun, hasil akhir penyisihan grup ini bisa berubah karena setelah pertandingan antara Indonesia vs Myanmar dilanjutkan dengan dengan Vietnam vs Timur Leste.

Jika tim tuan rumah Vietnam mengalahkan Timur Leste maka secara otomatis Indonesia akan turun ke peringkat kedua atau tetap mengamankan tiket ke babak semifinal SEA Games Vietnam.

Atas kemenangan Timnas Indonesia pada laga tersebut, Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong memuji performa anak asuhnya pada pertandingan melawan Myanmar.

Shin dalam konferensi pers setelah pertandingan mengatakan keberhasilan Timnas mengalahkan Myanmar 3-1 patut diapresiasi karena pertandingan tersebut tidak mudah mengingat menjadi laga penentu.

Jika Indonesia gagal memetik kemenangan maka dipastikan gagal lolos ke babak semifinal. Artinya, Egi Maulana dkk setidaknya harus memetik hasil seri.

“Memang hari ini kami bisa lolos walau seri dari Myanmar, tapi asal tahu saja untuk pertandingan seperti ini memang sulit,” kata dia.

Dia mengatakan pemain dituntut bekerja keras di tengah tekanan mental yang luar biasa. “Beruntung, para pemain mengikuti intruksi saya dengan baik dan sempurna,” ucapnya.

Namun, di sisi lain tetap ada evaluasi atas performa tersebut, untuk menghadapi semifinal yang kemungkinan akan bertemu wakil dari grup B yakni Thailand atau Malaysia.

Sementara itu, Pelatih Myanmar Velizar Emilov Popov mengatakan kegagalan timnya untuk ke luar dari penyisihan Grup A tak lepas karena adanya tim kuat Indonesia dan Vietnam.

“Kami tidak dapat lolos grup. Memang benar itu. Tapi lihat siapa yang peringkat satu dan dua, ada Vietnam dan Indonesia,” kata Velizar.

Dia enggan menjadikan ini sebagai alasan sehingga timnya tak dapat setidaknya menyamai keberhasilan pada SEA Games 2019 yakni medali perunggu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan