Campaign.com dan Xendit Dukung UMKM Halal Bersaing di Pasar Global

BANDUNG– Tak bisa dipungkiri, Ramadan membawa berkah tersendiri bagi para pegiat UMKM halal, atau kerap disebut halalpreneurs. Berbagai peluang datang seiring dengan tingginya permintaan pasar atas kebutuhan selama bulan puasa hingga lebaran. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan performa bisnis ini saat Ramadan usai.

Untuk membantu para halalpreneurs agar bisa terus memaksimalkan potensinya tak hanya di bulan Ramadan, Campaign.com bersama Xendit berkolaborasi lewat serangkaian program #BuatBermakna.

Program #BuatBermakna telah berlangsung sejak penghujung April lalu, diawali dengan webinar bertajuk “Bisnis Halal di Era Digital: Peluang dan Tantangan” yang dihadiri oleh puluhan halalpreneurs. Pada webinar ini hadir Fahmi Hendrawan, CEO sekaligus pendiri Fatih Indonesia, sebuah brand busana muslim yang sudah cukup punya nama sebagai salah satu pembicara.

Pada sesinya, Fahmi memaparkan beberapa poin penting seputar pengembangan bisnis halal yang bisa dijadikan pelajaran oleh para peserta webinar. Salah satunya ialah soal tantangan yang dihadapinya dan cara-cara jitunya mengatasi tantangan tersebut.

“Ramadan memang sudah seperti hajatan buat bisnis-bisnis halal, begitu pun dengan Fatih Indonesia. Pastinya cukup menantang untuk mempertahankan kondisi seperti ini. Ada beberapa cara untuk bisa terus berkembang sebagai bisnis halal, salah satunya adalah diversifikasi produk atau strategi marketing. Contohnya, di bulan Ramadan kami fokus pada penjualan baju koko, dan di bulan-bulan lainnya kami tetap berjualan baju koko tapi cara pemasarannya beda; kami yakinkan pembeli bahwa baju-baju produk Fatih cocok untuk dipakai di berbagai occasion. Lalu kami juga mengeluarkan produk daily wear di luar bulan Ramadan. Intinya perlu banyak akal dalam berstrategi agar sebuah bisnis terutama UMKM bisa
berkelanjutan,” papar Fahmi.

Paparan Fahmi juga menegaskan pentingnya dukungan berlanjut bagi para halalpreneurs, terutama mereka yang masih merintis agar bisnisnya dapat terus berkembang. Hal ini melandasi program #BuatBermakna untuk menggelar webinar-webinar edukatif lainnya. Webinar terdekat akan dilaksanakan pada Jumat, 13 Mei 2022 pukul 15.00-17.00 WIB melalui platform Zoom dengan tema “Potensi Industri Halal dan Peluang Pendanaan” yang akan membahas potret industri halal di Indonesia dan bagaimana pertumbuhan industri ini mampu berkontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia. Akan dibahas juga pentingnya bagi halalpreneurs untuk bisa mendapatkan pendanaan bagi keberlangsungan bisnis mereka dan bagaimana caranya untuk mendapatkan pendanaan tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan