NFT di Instagram Mulai Dilakukan Uji Coba

Jabarekspres.com – Uji coba fitur non-fungible token atau NFT di Instagram mulai berlaku pada Selasa (10/5) di Amerika Serikat untuk kreator atau seniman NFT yang terpilih.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Instagram Adam Mosseri melalui cuitannya di twitter yang dikutip dari The Verge.

Nantinya NFT hasil sang kreator bisa ditampilkan di unggahan utama dan menceritakan latar belakang pembuatan karya tersebut. Detail NFT akan ditampilkan dengan cara yang mirip dengan profil dan produk yang ditandai dan diberi nama koleksi digital.

Ketika pengguna mengklik tag maka akan muncul detail seperti nama pembuat dan pemilik. Mosseri mengatakan uji coba pada kelompok kecil itu dilakukan agar Instagram dapat belajar dari komunitas.

Hal itu juga untuk mengantisipasi ketidakpercayaan terhadap platform jejaring sosial utama yang tiba-tiba menghadirkan NFT di Instagram.

“Saya ingin mengakui bahwa NFT dan teknologi blockchain Web3 secara lebih luas adalah tentang mendistribusikan kepercayaan, mendistribusikan kekuatan. Tapi Instagram pada dasarnya adalah platform terpusat, jadi ada ketegangan di sana,” katanya.

Juru Bicara Meta Christine Pai mengatakan untuk tahap awal NFT yang bisa dihadirkan di fitur NFT Instagram adalah NFT yang dicetak di blockchain Ethereum dan Polygon.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada blockchain lain yang akan bergabung termasuk Solana dan Flow.

Mosseri menekankan bahwa dukungan tersebut dapat membantu memperkenalkan teknologi tersebut ke lebih banyak orang.

Sebetulnya ketertarikan aplikasi media sosial tersebut terjun ke industri ke NFT tidak hanya dialami oleh Meta, tapi juga sebelumnya sudah dilakukan oleh Twitter.

Twitter memperkenalkan NFT pada platform tersebut sebagai gambar profil berbentuk segi enam. Ikon di sudut postingan Instagram dari NFT juga nantinya akan muncul sebagai segi enam.

Sebelumnya, CEO Meta Mark Zuckerberg mengonfirmasi bahwa Instagram akan menghadirkan fitur NFT. Fitur ini memungkinkan seniman ataupun kreator NFT bisa memamerkan hasil karya dan koleksi mereka di Instagram.

Pengumuman Mark Zuckeberg itu juga memberi informasi baru bahwa fitur NFT juga akan hadir di Facebook. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan