oleh

Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bandung Mei 2022 Full Sebulan

Jabarekspres.com – Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dari Polresta Bandung, Soreang kini sudah mengupdate jadwal SIM Keliling Kabupaten Bandung Mei 2022.

Layanan SIM Keliling yang baru diperbaharui Satlantas Polresta Bandung ini dapat jadi pedoman bagi masyarakat di Kabupaten Bandung yang hendak mengurus SIM-nya.

Yang perlu jadi catatan, jadwal SIM Keliling Kabupaten Bandung Mei 2022 hanya bisa diakses khusus untuk proses perpanjangan masa berlaku dokumen izin mengemudi.

Jadi untuk mengurus pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) baru, pemohon disarankan mendatangi Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) di Mapolresta Bandung.

Sebagai informasi, Satpas Mapolresta Bandung untuk mengurus pembuatan baru SIM berada di Jalan Bhayangkara Nomor 1, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Sementara itu, diimbau bagi masyarakat yang hari ini memang berencana memanfaatkan layanan SIM Keliling agar lebih awal datang dan membawa sejumlah syarat.

Syarat mengurus dokumen mengikuti jadwal SIM Keliling Kabupaten Bandung Mei 2022 ini cukup sederhana.

Apa sajakah itu? Mari simak baik-baik ya. Jangan sampai dokumen penting ini lupa dibawa.

Pertama, membawa keping kartu SIM (Surat Izin Mengemudi) yang masih aktif dan tidak melebihi masa berlakunya.

Kedua, membawa KTP asli atau Suket berupa Surat Keterangan pengganti KTP yang masih berlaku berikut fotocopy-nya.

Lalu, melampirkan surat sehat dari dokter yang di tunjuk kepolisian yang menyatakan sehat jasmani, tidak buta warna, tidak tuli, tidak cacat fisik, serta visus mata atau jarak pandang.

Untuk diketahui, pelayanan SIM Keliling hanya melayani perpanjangan SIM A dan C. Proses perpanjangan SIM dapat dilakukan 14 hari sebelum masa berlakunya habis.

Apabila SIM yang telah melebihi masa berlakunya, pemohon bisa memprosesnya di Satpas atau Polresta dengan cara mengajukan permohonan pembuatan SIM baru.

Untuk jam operasional pelayanan SIM Keliling Kabupaten Bandung dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan proses penerbitan SIM selesai.

Kemudian, waktu pendaftaran perpanjangan SIM hari Senin sampai Kamis dimulai pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB. Pada hari Jumat-Sabtu dimulai pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Mengingat, saat ini masih di masa pandemi Covid-19 Polresta Bandung meminta para pemohon memakai masker, menjaga jarak aman, serta membawa hand sanitizer.

Sebagai informasi biaya untuk mengurus perpanjangan dokumen ini telah diatur dalam PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Untuk perpanjangan SIM A memiliki tarif Rp80.000, sementara itu untuk perpanjangan SIM C pemohon harus mengeluarkan biaya Rp75.000.

Tarif di atas biasanya di luar biaya untuk mendapatkan surat keterangan sehat dan juga cek psikologi dari petugas pelayanan saat mengurus perpanjangan SIM.

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan di jalan raya memang wajib mengantongi surat izin mengemudi sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan.

Ketentuan berlaku untuk pengendara yang tidak memiliki SIM diatur dalam Pasal 281.

Mengutip akun Instagram @tmcpolrestabandung, Satlantas Polresta Bandung membagi dua jadwal SIM Keliling Kabupaten Bandung dalam setiap hari.

Berikut rincian lokasi jadwal SIM Keliling Kabupaten Bandung Mei 2022.

Minggu 1 Mei

Tidak Beroperasi

Senin 2 Mei

Tidak Beroperasi

Selasa 3 Mei

Tidak Beroperasi

Rabu 4 Mei

Mobil 1 di Kantor Kecamatan Pangalengan

Mobil 2 di Kantor Kecamatan Ciparay

Kamis 5 Mei

Mobil 1 di Taman Kota Baleendah

Mobil 2 di Dealer Honda Nambo Banjaran

Jumat 6 Mei

Mobil 1 di Taman Kota Baleendah

Mobil 2 di Mal Pelayanan Publik (MPP) Soreang

Sabtu 7 Mei

Mobil 1 di Toserba Prama Banjaran

Mobil 2 di Borma Katapang

Minggu 8 Mei

Tidak Beroperasi

Senin 9 Mei

Mobil 1 di Thee Matic Mall Majalaya

Mobil 2 di Griya Grand Cinunuk Cileunyi

Selasa 10 Mei

Mobil 1 di Alun-alun Cicalengka

Mobil 2 di Transmart Buah Batu Bojongsoang

Rabu 11 Mei

Mobil 1 di Auto 2000 Rancaekek

Mobil 2 di Kantor Kecamatan Ciparay

Kamis 12 Mei

Mobil 1 di Taman Kota Baleendah

Mobil 2 di Dealer Honda Nambo Banjaran

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga