Dibuka Kembali saat Libur Lebaran, Alun-Alun Bandung Jadi Destinasi Wisatawan Luar Kota

BANDUNG – Setelah diberlakukannya PPKM level 2, Alun-Alun Bandung kembali dibuka. Momen libur lebaran ini menjadikan Alun-Alun Kota Bandung sebagai salah satu destinasi wisata warga luar kota yang berlibur ke Bandung.

Kasi Humas Polsek Regol, Suhartono, mengatakan kunjungan wisatawan meningkat di H+1 lebaran, terutama wisatawan luar kota.

“(Pengunjung) dari bandung banyak, dari luar kota banyak juga. Didominasi oleh wisatawan luar Bandung. H+1 lebaran memang ada peningkatan pengunjung, dari seminggu ini kelihatan lebih banyak hari ini,” ujar Suhartono kepada Jabar Ekspres, di Alun-Alun Kota Bandung, Rabu (3/5).

Untuk membatasi kegiatan, kata Suhartono, Alun-Alun Bandung dibuka dari jam 10:00 sampai jam 15:00 sore. Pihaknya juga berupaya terus mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Karena pandemi belum berakhir, kita masih waspada mengimbau masyarakat agar tidak terlalu berlarut-larut di alun-alun. Jaga prokes dan tetap jaga jarak,” tegas Suhartono.

Ia menambahkan, kerja sama dengan Satpol PP dilakukan untuk memantau kondisi alun-alun yang ramai akan pengunjung.

“Kalau kita tiap hari kurang lebih ada 10 orang (personil) dikerahkan, kita juga bekerja sama dengan Satpol PP, dari tadi pagi menyebar ke sekeliling arah timur (alun-alun),” ungkapnya.

Tak hanya itu, untuk mengatasi parkir liar, traffic coon dipasang di sekitar halte. Patroli dilengkapi dengan pengawasan berkeliling para anggota dan Satpol PP.

“Di depan halte bus kota, dipasang traffic coon. Pakai tali untuk mengantisipasi parkir liar. Disamping itu, kita juga patroli jalan kaki, antisipasi hal-hal yang bisa menimbulkan kemacetan,” imbuh Suhartono.

Masih di tempat yang sama, wisatawan luar kota Ratna Mauldi (22), mengatakan dirinya sengaja berkunjung ke Alun-Alun Bandung untuk berkeliling bersama Bandros (Bandung Tour On Bus).

“Dari Kota Serang, Banten. Lagi ada acara lebaran keluarga di Bandung, sengaja sih main ke Alun-Alun (Bandung) ingin coba naik bandros, ini lagi nunggu giliran jadi keliling-keliling aja,” ucapnya.

Ratna juga mengapresiasi ketertiban parkir di Alun-Alun Bandung, namun menyayangkan pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

“Untuk lebaran ini (kondisi Alun-AlunBandung) rame banget. Lumayan tertib parkirannya, tapi karena banyak yang wisata dari luar kota, sampah-sampah berserakan ya,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan