Kane Tanaka, Manusia Tertua di Dunia, Meninggal pada Usia 119

Jabarekspres.com- Kane Tanaka, seorang wanita asal negri matahari terbit, Jepang yang diyakini sebagai manusia tertua di dunia, telah meninggal pada usia 119 tahun.

 

Tanaka meninggal karena usia tua di sebuah rumah sakit di barat daya kota Fukuoka pada 19 April, lembaga penyiaran publik Jepang NHK melaporkan pada hari Senin.

 

Ia lahir di wilayah Fukuoka pada 2 Januari 1903 — tahun yang sama ketika Wright bersaudara terbang untuk pertama kalinya dan Marie Curie menjadi wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel.

 

Dia dikukuhkan sebagai orang tertua yang masih hidup di dunia oleh Guinness World Records pada 2019.

 

Tanaka dalam kondisi kesehatan yang relatif baik sampai saat ini dan tinggal di panti jompo, di mana dia menikmati permainan papan, memecahkan masalah matematika, minuman bersoda, dan cokelat. Dia telah berencana untuk bergabung dengan estafet obor tahun lalu untuk Olimpiade tetapi menarik diri karena masalah virus corona.

 

Gubernur lokal Seitaro Hattori memuji kehidupan Tanaka dan mengatakan dia “sangat sedih” atas kematiannya.

 

“Saya menantikan untuk melihat Kane-san pada Hari Penghormatan untuk Orang Tua tahun ini (libur nasional pada bulan September) dan merayakan bersama dengan soda dan cokelat favoritnya,” katanya dalam sebuah pernyataan, Senin.

 

Di masa mudanya, Tanaka menjalankan berbagai bisnis termasuk toko mie dan toko kue beras. Dia menikah dengan Hideo Tanaka seabad yang lalu pada tahun 1922, melahirkan empat anak dan mengadopsi anak kelima.

 

Jepang memiliki populasi yang menua dengan sekitar 28 persen orang berusia 65 tahun atau lebih.

 

Pada September lalu, negara itu memiliki 86.510 centenarian, dan sembilan dari setiap 10 adalah wanita.

 

Dengan kematian Tanaka, Lucile Randon, seorang biarawati Prancis yang lebih dikenal sebagai Suster Andre, menjadi manusia tertua di dunia.

 

Randon lahir di Prancis selatan pada 11 Februari 1904, dan baru-baru ini merayakan ulang tahunnya yang ke-118 dengan koktail port-and-chocolate favoritnya.

 

Dia tinggal di panti jompo di Toulon di sepanjang pantai Mediterania Prancis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan