Peringati Hari Bumi Sedunia, Ini Pesan Pegiat Lingkungan Sumedang

Jabarekspres.com – Dalam rangka hari bumi sedunia, Pegiat Lingkungan sekaligus Pembina GEMPA (Gerakan Pemuda Peduli Alam) Cimanggung, Sumedang, Dekki Ismailudin ingatkan masyarakat agar lebih peduli terhadap bumi.

Dekki mengatakan dalam memperingati hari bumi sedunia, masyarakat bisa menyikapi momentum tersebut dengan kepedulian lingkungan.

Diketahui, Hari Bumi Sedunia merupakan acara tahunan yang dirayakan di seluruh dunia setiap 22 April.

Hari Bumi Sedunia diperingati dengan bertunuan untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan.

Hari Bumi Sedunia pun dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi, sebagai planet yang ditinggali umat manusia.

“Pada dasarnya hari peringatan bumi yaitu bertujuan untuk menanamkan kepedulian dan kesadarn manusia terhadap planet yang ditinggali oleh manusia saat ini yaitu bumi,” kata Dekki kepada Jabar Ekspres, Jumat (22/4).

“Mungkin dari itu harapannya agar bumi masih bisa bertahan dan dapat dimanfaatkan oleh sejumlah manusia dimana merka berada,” tambahnya.

Dekki menjelaskan, dengan bernagai kekayaan alam yang sudah sejak lama diberikan dan bermanfaat bagi manusia, maka sudah seharusnya bumi dijaga serta dirawat.

“Kita harus sadar apa yang telah diberikan bumi kepada kita adalah untuk dijaga dan dirawat, bukan untuk dirusak demi kepentingan sesaat,” ujar Dekki.

Menurutnya, dengan menjaga serta merawat bumi melalui kepedulian lingkungan, maka keindahan dan manfaat alam bisa dirasakan secara turun temurun.

“Manfaatkan bumi dengan bijak seperti menjaga lingkungan juga menanam pepohonan, alhasil akan memberikan manfaat bagi kehidupan, sebagimana yang telah diamanhkan dalam Al Quran,” imbuhnya.

Dekki menyampaikan, kekayaan alam yang dihasilkan bumi harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Bahkan menurut Dekki, jangan sampai karena rasa ego yang kuat, menjadikan kekayaan alam dikorbankan demi kepentingan sesaat.

“UUD (Undang-Undang Dasar) Tahun 45, pasa 33 ayat 3 bahwa dan bumi, air dan kekayaan alam di dalamnya dikuasai oleh negara dan dapat digunakan untuk kemakmuaran masayarakat, bukan untuk dijadikan keserakahan,” ucap Dekki.

Dia berharap, pada momentum peringatan Hari Bumi Sedunia ini masyarakat semakin peduli dan sadar terhadap pentingnya menjaga serta merawat lingkungan.

Hal itu disampaikan Dekki dengan harapan bisa membuat bumi tetap nyaman dan kelestariannya dapat dirasakan oleh umat manusia secara turun-temurun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan