Kantor Bupati Halmahera Selatan Terbakar, Api Baru Padam Saat Tengah Malam. Polisi Selidiki Asal Api

HALMAHERA SELATAN – Kantor Bupati Halmahera Selatan Rabu (20/4) malam mengalami terbakar. Kebakaran terjadi saat kebanyakan orang sedang Shalat taraweh dan api baru bisa dipadamkan menjelang tengah malam.

Kebakaran di kantor Bupati Halsel yang berlokasi di Jalan Kebun Karet Kota Labuha itu, pertama kali diketahui oleh warga sekitar pada pukul 20.30.

Saat itu kondisi masih sepi dan warga kesulitan bisa mencari pertolongan, sehingga salah satu warga berinisiatif melaporkan hal tersebut ke kantor Polisi.

Kapolres Halsel AKBP Herry Purwanto, mengatakan, pihaknya langsunng mendatangi lokasi dan melakukan langkah koordinasi dengan secepatnya menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran.

Dari hasil pemeriksaan awal, api pertama kali muncul di ruang staf ahli bupati yang berada di lantai dua gedung tersebut.

“Dari ruang staf ahli di atas kemudian menjalar ke ruang sekda dan ke ruang lainnya,” ujarnya kepada wartawan di Kota Labuha, Kamis (21/4) dini hari.

Api membesar dan menyebar ke ruangan-ruangan lainnya hingga turut membakar ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Halsel.

Herry mengatakan semua kekuatan pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api, termasuk dari Bandara Oesman Sadik harus turun ke lokasi kejadian. Kebakaran baru bisa dipadamkan sekitar pukul 22.30 WIT.

Menurut Herry, pihaknya belum bisa memastikan berapa pastinya ruangan-ruangan yang terbakar karena kondisi gelap. Nilai kerugian dari kantor bupati Halmahera selatan yang terbakar juga belum bisa dipastikan.

Dia menyebut polisi akan menyelidiki penyebab insiden tersebut sehingga langsung memasang garis polisi di lokasi kebakaran. Dugaan sementara, lanjutnya, kebakaran diduga karena arus pendek.

“Sementara kami belum bisa menyimpulkan, tetapi dugaan awal korsleting karena titik api ada di atap kantor staf ahli,” katanya.
Dia mengatakan penyelidikan akan melibatkan Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Untuk lebih detailnya, nanti kami akan mendatangkan Tim Puslabfor Makassar,” pungkas Herry. (antara/jpnn/rit)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan