Netflix Kehilangan 200 Ribu Pelanggan, Salah Satu Penyebabnya Bebagi Password

Jabarekspres.com–   Netflix kehilangan 200 ribu pelanggan pada kuartal pertama tahun ini. penurunan pelanggan pertama dalam satu dekade dan diperkirakan akan kehilangan 2 juta lagi dalam tiga bulan dari April hingga Juni, kata perusahaan itu Selasa.

Dalam laporan pendapatan kuartal pertama, Netflix mengatakan perang Rusia di Ukraina dan sanksi berikutnya mempengaruhi jumlah keanggotaan.

Itu juga mengutip berbagi kata sandi di banyak rumah tangga dan faktor-faktor lain yang memengaruhi intinya.

 

“Semakin jelas bahwa laju pertumbuhan ke pasar yang dapat dialamatkan (broadband home) kami sebagian bergantung pada faktor-faktor yang tidak kami kendalikan secara langsung, seperti penggunaan TV yang terhubung, adopsi hiburan berdasarkan permintaan, dan biaya data,” kata perusahaan dalam sebuah pernyataan.

“Kami percaya faktor-faktor ini akan terus meningkat dari waktu ke waktu, sehingga semua rumah tangga broadband akan menjadi pelanggan Netflix potensial.”

Layanan streaming melihat jumlah pelanggan turun dari 221,84 juta menjadi 221,64 juta dari Januari hingga Maret. Sebelumnya diprediksi akan menambah 2,5 juta pelanggan pada periode tersebut.

 

Perusahaan Netfilx juga mengatakan sedang fokus pada cara terbaik untuk memonetisasi akun berbagi akun di luar rumah tangga tunggal.

Dalam surat kepada pemegang saham, perusahaan mengakui pembagian akun kemungkinan membantu mendorong pertumbuhannya.

Tetapi diperkirakan bahwa selain 222 juta pengguna berbayar, Netflix dibagikan dengan sekitar 100 juta rumah tangga tambahan, termasuk 30 juta di AS dan Kanada.

 

Setelah menikmati lonjakan popularitas di awal pandemi dari orang-orang yang terjebak di rumah dan sangat membutuhkan hiburan. Namun, pertumbuhan pelanggan Platform steaming ini tidak stabil selama lebih dari setahun.

Perusahaan bahkan kehilangan anggota di AS dan Kanada  pasar tunggal terbesarnya  selama satu kuartal tahun lalu untuk pertama kalinya sejak 2019.

 

Netflix juga menghadapi gelombang persaingan dari saingan baru seperti Disney Plus dan HBO Max, karena raksasa media dan teknologi telah meluncurkan layanan mereka sendiri untuk mengambil Netflix sebagai transisi televisi ke masa depan streaming.

Kehilangan pelanggan langka Netflix di AS dan Kanada mengisyaratkan bahwa persaingan baru, yang berpusat di AS, mungkin menekan pertumbuhan keanggotaan Netflix di sana.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan