oleh

Cara Membuat Kondisi Fit Kembali Setelah Begadang

Jabarekspres.com – Begadang setiap malam sangat tidak baik bagi kondisi kesehatan tubuh. Hal itu dapat menyebabkan Anda mengeluhkan kondisi yang tidak lagi fit.

Begadang dapat mengakibatkan Anda mudah ngos-ngosan dan tubuh gampang lelah. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar badan kembali fit setelag begadang.

Berikut ini saran dr. Talitha Najmillah Sabtiari yang bisa di coba yang dikutip dari Alodokter:

  1. Menerapkan pola tidur yang sehat dengan melakukan sleep hygiene yang baik.
  2. Makan makanan yang bergizi, kaya akan sayur-sayuran dan buah-buahan. Hindari makanan dari karbohidrat sederhana, goreng-gorengan, maupun minyak jenuh.
  3. Perlahan-lahan dalam berolahraga dan membangun stamina seperti meningkatkan frekuensi dan durasi berolahraga secara berkala.
  4. Tidak merokok dan minum alkohol.
  5. Menjalani aktivitas yang membuat rileks, seperti yoga, meditasi, membaca buku.
  6. Mengelola stres dengan baik.

Dia menambahkan, apabila keluhan terus berlangsung, maka tidak ada salahnya untuk melakukan kunjungan ke ruang dokter. Dengan melakukan konsultasi secara langsung, dokter yang menangani dapat memberikan terapi yang sesuai dengan kondisi yang dialami.

Selain itu, menurut National Sleep Foundation, jam tidur normal bagi orang dewasa adalah sekitar 7 hingga 9 jam setiap malam untuk mengistirahatkan tubuh secara maksimal.

Sementara para ahli yang merilis studi mereka pada jurnal Hypertension, menemukan adanya peningkatan tekanan darah dan penurunan aktifitas saraf simpatik.

Pada studi lain yang dirilis ahli pada jurnal Progressive Cardiovascular Disease, menunjukan bahwa tidak hanya mempengaruhi tekanan darah, kekurangan tidur juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Masalah kesehatan yang dimaksudkan adalah seperti inflamasi, perubahan autonomic tone dan hormon yang diketahui berkontribusi pada terbentuknya penyakit kardiovaskuler, khususnya penyumbatan pembuluh darah arteri. (fin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga