Pernahkah Keluar Flek Coklat di Luar Siklus Haid? Ini Penyebabnya

Jabarekspres.com – Saat akan masuk siklus haid, normal jika keluar flek coklat. Namun bagaimana jika flek keluar di luar siklus haid?

Menurut dr. Talitha Najmillah Sabtiari, keluhan mengenai keluar flek coklat di luar siklus haid pada wanita masih terbilang wajar.

“Flek kecokelatan pada dasarnya merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita,” kata dr. Talitha Najmillah Sabtiari.

Meski umumnya muncul pada awal atau siklus akhir haid, namun untuk beberapa alasan, lanjut dr. Talitha hal itu tidaklah selalu konsiten.

“Pada beberapa kasus, flek ini dapat muncul pada waktu di luar itu,” ungkapnya.

Ada pun faktor-faktor yang mempengaruhi flek kecoklatan muncul di luar dari siklus bulanan wanita, adalah salah satunya karena stress.

Mereka yang sedang hamil, menggunakan alat kontrasepsi, hingga mereka yang punya masalah pada struktur reproduksi, adalah mereka yang juga melaporkan kondisi ini.

Dia menambahkan jika kondisi ini dapat diringankan dengan menjaga berat badan yang ideal, tidak merokok atau minum alkohol, mengelola stress dan menjalani gaya hidup sehat.

“Namun, apabila flek muncul dalam jumlah yang sangat banyak, disertai dengan gejala lain seperti perih, gatal, pendarahan, dan lainnya, periksakan diri Anda ke dokter spesiali kandungan, ya,” sarannya.

Namun pada kasus lain, cairan yang berwarna tidak biasa, wajib mendapatkan perhatian lebih.

Adapun warna cairan yang dimaksud, adalah seperti warna awan yang gelap, seperti halnya awan menjelang hujan.

Pada kasus ini, Anda berpotensi mengalami kondisi bernama bacterial vaginosis, yang membutuhkan resep dokter untuk mengatasinya.

Selain penggunaan salep anti bakteri, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk diminum. Pada kasus yang diikuti oleh rasa gatal. nyeri, bau tak sedap, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh infeksi ragi, infeksi menular seksual hingga kanker serviks. (fin/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan