Antisipasi Kepadatan di Jalur Utara, Ridwan Kamil Minta Pemudik Lalui Jalur Selatan

BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa barat terus berupaya melakukan persiapan terkait perjalanan mudik menjelang lebaran Idul Fitri nanti. Bahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta pemudik juga melalui jalur selatan agar tidak terjadi kepadatan di jalur utara.

Kang Emil Sapaan akrabnya mengatakan, hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan di beberapa titik jalur mudik. Karenanya pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait seperti Polda Jabar.

“Menjelang lebaran kita siaga karena Jabar jadi jalur perlintasan dan destinasi mudik. Maka Polda Jabar itu sudah bersama koordinasi kita akan melakukan penyiapan-penyiapan,” ucap Emil di Gedung Sate Kota Bandung, Senin (18/4).

Dia juga menghimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik, sebaiknya melintasi jalur selatan Jawa Barat.

“Jadi jalur selatan supaya orang mudik ke Jateng tidak selalu lewat utara, di selatan juga alamnya indah, jadi bisa lebih santai, jauh dari kemacetan,” ujarnya

Selain menghimbau masyarakat agar melintasi jalur selatan Jawa Barat, ia juga menjelaskan bahwa pihaknya saat ini tengah berupaya melakukan beberapa persiapan pengaturan arus lalulintas di wilayah Barat.

Emil mengatakan, nantinya di wilayah tersebut pengaturan arus lalulintas akan diberlakukan satu arah.

“Karena ada rencana mendekati hari lebaran disatuarahkan dari barat, jabodetabek sampai Jatim (Jawa timur). Ini juga akan ada peningkatan yang mereka harus ke Jakarta kemungkinan melalui jalur Puncak. Dan Ini juga sedang kita siapkan,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan penggunaan Tol Cisumdawu pada saat mudik nanti, Emil menjelaskan bahwa masyarakat nantinya bisa mengunakan dua Exit Tol di wilayah Sumedang.

“Segmen sampai daerah Sumedang, dua exit itu saya kira bisa dimanfaatkan. Jadi nanti orang mudik ke Sumedang bisa gunakan lewat dua exit di jalur Cisumdawu,” pungkas Ridwan Kamil. (Mg4).

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan