Dinkes Kota Bandung Menyediakan Beberapa Tempat Vaksinasi untuk Para Pemudik

Jabarekspres.com — Penurunan kasus penularan pandemi Covid-19 menjadi pertimbangan bagi pemerintah dalam mengizinkan para pemudik untuk pulang ke kampung halaman di tahun sekarang.

Hal tersebut sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di mana para perantau diperbolehkan untuk pulang ke kampung halaman pada Lebaran tahun ini.

Menurut survei dari Balitbang Kementerian Perhubungan, pemudik di tahun sekarang diprediksi akan ada sebanyak 79,4 juta orang, dikutip dari Databoks Katadata, Kamis (07/04/2022).

Bagaimanapun, pemerintah sampai sekarang masih tetap menggencarkan program pemberian vaksin guna menghadang penyebaran pandemi Covid-19.

Melihat antusiasme mudik di tahun sekarang yang cukup tinggi dan geliat program pemberian vaksin, Pemerintah Kota Bandung menyiasati kedua hal tersebut dengan cara membuka pos vaksin di beberapa titik.

Sebelumnya, pemerintah juga telah mengatakan bahwa vaksin adalah salah satu syarat wajib yang harus dipatuhi oleh para pemudik tahun sekarang.

Bagi seseorang yang sudah mendapatkan vaksin hingga dosis ke-3, maka ia tidak perlu menyertakan untuk surat Antigen ataupun PCR.

Sementara bagi seseorang yang baru menerima vaksin satu kali dosis, maka ia wajib mempunyai hasil pemeriksaan PCR, dan apabila baru sampai dosis 2 tetap harus menyertakan surat Antigen.

Kendati demikian, Dinkes Kota Bandung memberikan solusi atas antusiasme besar untuk mudik namun belum mendapatkan dosis vaksin sesuai ketentuan yakni dengan cara membuka pos vaksin di beberapa titik.

Untuk melancarkan solusi tersebut, Dinkes Kota Bandung akan bekerja sama dengan Polrestabes untuk menyediakan tempat vaksin di sejumlah titik di Kota Bandung bagi para pemudik.

“Kami sudah mempersiapkan kemungkinan akan buka posko kesehatan. Tapi, memang tidak bisa mengikuti jumlah pos keamanan” kata Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Dinkes Kota Bandung, Teti Hendriani Agustin, dikutip dari infobdg.com, Kamis (14/4/2022).

Rencananya, posko pemberian vaksin ini akan berada di wilayah yang ramai seperti Terminal Cicaheum, Ledeng, Leuwi Panjang, juga tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Kota Bandung.

Meskipun begitu, Teti tetap memberikan himbauan kepada para pemudik untuk mendapatkan vaksin terlebih dahulu sebelum pulang ke kampung halaman, walaupun pihaknya akan menyediakan pos vaksin di saat mudik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan