Tips Agar Lolos Seleksi CPNS 2022 Bagi Lulusan SMA Menurut KemenPAN-RB

JABAREKSPRES.COM – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan tips atau kiat-kiat agar berhasil lolos dalam seleksi CPNS 2022.

Seperti diketahui, KemenPAN-RB telah membuka pendaftaran CPNS 2022 jalur sekolah kedinasan sejak Sabtu (9/4) pagi pukul 09.22 WIB lalu.

Jalur sekolah kedinasan ini menurut Deputi bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Alex Denni akan
diperuntukkan bagi 7.000 lulusan SMA sederajat.

“Para pelamar bisa mendaftar melalui portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan pada tautan https://dikdin.bkn.go.id/,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (9/4).

Beberapa aturan masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni pelamar hanya bisa mendaftar pada satu dari 30 sekolah yang tersedia.

Untuk para pelamar, Alex memberikan beberapa tips agar bisa lolos seleksi, dan memperingatkan pelamar untuk menyiapkan diri dengan semaksimal mungkin.

Salah satunya tipsnya adalah dengan memahami alur seleksi sekolah kedinasan serta syarat dan ketentuan.

Dia menambahkan, sebelum mendaftar, pastikan pelamar mencermati dan memahami setiap syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh masing-masing sekolah.

“Jangan sampai gagal di tahap pendaftaran hanya karena kurang teliti,” ujar Deputi Alex.

Alex menyampaikan bahwa peserta bisa mempelajari ketentuan mengenai seleksi sekolah kedinasan yang tertera pada PermenPAN-RB No. 20/2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga.

“Untuk informasi mengenai syarat dan ketentuan dari masing-masing sekolah kedinasan dapat dilihat pada https://dikdin.bkn.go.id/daftarInstansi,” ucapnya.

Terkait dengan tata cara serta prosedur pendaftaran , lanjut Alex Denni, pelamar bisa membaca Buku Petunjuk Sekolah Kedinasan Tahun 2022 yang tersedia di portal Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan.

Pelamar juga bisa mencermati pertanyaan yang sering diajukan pada menu FAQ di seleksi CPNS 2022 ini.

“Pelamar memiliki waktu selama 22 hari untuk melakukan proses pendaftaran. Pelamar bisa mengirimkan pendaftaran terakhir pada Sabtu, 30 April 2022 pukul 23.59 WIB,” pungkasnya. (jpnn/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan