Dalam Bisnis Ada Istilah Ekspansi, Namun Apa Itu?

Jabarekspres.com – sebagian masyarakat mungkin sudah tidak asing mendengar istilah ekspansi. Terutama, bagi mereka yang mempunyai bisnis bidang apapun, ekspansi merupakan hal penting. Sudah tahukah arti dari istilah ekspansi? Di kutip dalam accurate, istilah ekspansi secara umum adalah sebuah tindakan atau proses yang di kerjakan. Yakni agar sesuatunya bisa menjadi lebih luas atau besar. Pada dasarnya, ekspansi itu sendiri di ambil dari kata expandere. Kemudian di serap dalam bahasa Inggris menjadi expansion yang memiliki arti menyebar.

Menurut kamus bahasa Cambridge Dictionary, istilah ekspansi adalah suatu usaha dalam menambah ukuran jumlah atau kepentingan tertentu. Secara sederhana, arti ekspansi adalah suatu kegiatan yang di lakukan untuk membuat hal yang di maksud menjadi meningkat atau lebih besar.

Dalam ilmu seperti ilmu politik, istilah ekspansi merujuk pada suatu upaya perluasan wilayah yang di lakukan suatu wilayah. Dengan cara menduduki secara sebagian atau keseluruhan wilayah negara lainnya. Sedangkan dalam ilmu ekonomi sendiri, merujuk pada suatu upaya perluasan peredaran mata uang ke beberapa sirkulasi. Kemudian dalam ilmu fisika, ekspansi sendiri suatu proses pemuaian.

Jika di kutip dalam accurate, istilah ekspansi dalam ilmu ekonomi dan bisnis yakni:

  1. Ekspansi Ekonomi. Dalam kamus Bank Indonesia, adalah suatu perkembangan ekonomi yang di lakukan dengan pola konjungtur. Pola konjungtur yang ini adalah berbagai proses kemajuan atau kemunduran ekonomi yang terjadi secara terus menerus dan bergantian.
  2. Ekspansi Bisnis. Secara umum adalah berbagai kegiatan untuk bisa memperluas atau memperbesar jaringan bisnis suatu perusahaan pada sisi produksi serta pada sisi distribusi.
  3. Ekspansi Pasar, adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperluas pasar baru yang di lakukan perusahaan dengan produk yang sudah di milikinya. Kegiatan ini di lakukan dengan menjangkau pasar yang sudah ada pada titik geografis barus. Sehingga para pelanggan baru di harapkan mampu mengenal dan menggunakan produk dari perusahaan tersebut.
  4. Ekspansi Kredit, suatu usaha yang di lakukan untuk meningkatkan jumlah kredit pinjaman dari pihak bank.

Lalu, apa saja jenis-jenis dari istilah ekspansi dalam dunia bisnis?

Terdapat beberapa jenis ekspansi dalam dunia bisnis yang bisa di lakukan oleh suatu perusahaan. Beberapa jenis ekspansi bisnis tersebut di lansir dari accurate:

  • Merger (Penggabungan)

Merger adalah kegiatan menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan. Kegiatan ini di lakukan sebagai upaya untuk mengekspansi bisnis, yang mana perusahaan yang lebih dominan akan tetap menjaga identitas perusahaannya. Sementara perusahaan yang lemah akan semakin lemah dan tidak jelas identitasnya. Secara teori, merger di bedakan menjadi 3 yaitu vertikal, usaha berada di industri yang sama namun beda level operasional. Horizontal, sebuah perusahaan membeli perusahaan lain dengan tingkat operasi yang sama. Serta Konglomerasi, pengakuisisian beberapa industri.

  • Akuisisi (pemerolehan)

Akuisisi adalah kegiatan takeover atan pengambilalihan suatu bentuk kepemilikan saham atas suatu aset perusahaan yang di jalankan oleh sekelompok investor tertentu. Biasanya, jenis ekspansi ini di jalankan guna menjaga tingkat ketersediaan bahan pokok atau menjamin produknya bisa di serap dengan baik oleh pasar.

  • Hostile Takeover (Pengambilalihan Paksa)

Hostile Takeover adalah jenis akuisisi yang di lakukan kepada suatu perusahaan secara paksa. Usaha ekspansi ini di lakukan dengan membuka penawaran harga saham yang ingin di miliki di pasar modal dengan harga yang melebihi harga pasar. Hal ini pun membuat perusahaan langsung berpindah tangan, di ikuti dengan perombakan manajemen dan karyawan besar-besaran.

  • Leveraged Buyout (Pembelian Terutang)

Leveraged Buyout adalah usaha untuk memiliki perusahaan dengan cara meminjam uang untuk melakukan pembelian pada perusahaan tersebut. Teknik ekspansi ini tidak membuat pengusaha mengeluarkan modal terlalu banyak dalam sekali ekspansi. Hal ini karena uang atau modal akan di dapatkan dengan cara utang kepada pihak lain.


Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *