Benarkah Menangis Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Para Ulama

JABAREKSPRES.COM – Ramadan masih berada di 10 hari pertama, banyak mitos yang beredar di masyarakat seputar pelaksanaan puasa. Salah satunya mengenai apa saja yang membatalkan puasa, seperti menangis.

Selain menangis, banyak pula mitos lain yang berkembang di masyarakat sejak lama, misal bila terluka dan berdarah, berenang, suntik, meneteskan obat mata, memakai cuttonbud, dan banyak lagi.

Jadi, benarkah menangis bisa membatalkan puasa? Atau hanya membatalkan pahala puasanya saja? Berikut penjelasan para ulama mengenai pertanyaan tersebut diambil dari banyak sumber, apakah hanya sebuah mitos atau memang ada hukumnya dalam syariat.

1. Buya Yahya
Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon ini secara tegas menangkis anggapan tersebut.

Dia mengatakan, menangis tidak membatalkann puasa, karena tidak termasuk ke dalam 9 hal yg membatalkan puasa seperti yg pernah diulasnya dalam mengajian fikih praktis.

2. Ustadz Abdul Somad,
Ulama dari tanah sebrang ini juga langsung membantah mitos tersebut. Menurutnya, menangis sama sekali tidak membuat puasa batal.

Dia juga mengatakan pernah mendengar mitos lain yang mengatakan bahwa puasa akan batal bila ada sesuatu memasuki badan melalui rongga-rongga tubuh. Entah rongga telinga, hidung, mata atau mulut.

Dia kembali membantahnnya, dan segera menjelaskan puasa akan batal bila ada makanan dan minuman masuk melalui rongga mulut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *