Merchant Adalah, Mari Mengenalnya!

Jabarekspres.com – Pada dasarnya, merchant adalah penjual produk barang atau jasa yang mempunyai jenis bisnis offline ataupun online. Singkatnya, merchant adalah pedagang, yaitu seseorang atau kelompok yang melakukan perdagangan produk barang maupun jasa. Mari mengenal apa itu merchant!

Dalam melakukan aktivitas perdagangannya merchant bekerjasama dengan perbankan dalam hal pelayanan pembayaran melalui uang elektronik.

Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa merchant adalah sistem pembayaran non tunai atau cashless untuk pembelian produk tertentu.

Istilah ini di bagi menjadi dua yaitu perorangan dan berbadan hukum. Merchant perorangan adalah milik perorangan tanpa berdasarkan pada tata cara dan ketentuan pendirian usaha berbadan hukum.

Sedangkan merchant berbadan hukum adalah yang di dirikan berdasarkan pada tata cara dan ketentuan pendirian usaha berbadan hukum yang berlaku. Setelah perorangan atau badan usaha mendaftar sebagai merchant, maka selanjutnya mereka akan memperoleh ID penjual produk.

Sebagai contoh bentuk kerjasama dengan pihak bank adalah dengan menyediakan layanan penerimaan pembayaran produk atau jasa secara cebit, kredit ataupun dengan uang elektronik lainnya.

Lalu apa saja keunggulan dari merchant?

Di lansir Gobiz, ada sejumlah keunggulan yang bisa di dapat:

  • Menerima kartu kredit

Salah satu manfaat terpenting adalah kemampuan untuk menerima kartu kredit dan debit. Kartu kredit dan kartu debit hingga kini masih menjadi metode pembayaran populer di kalangan pelanggan Indonesia.

  • Meningkatkan penjualan

Pelanggan belanja lebih banyak ketika diberi pilihan untuk menggunakan kartu kredit daripada uang tunai. Usaha kecil yang menerima pembayaran melalui kartu kredit memiliki peluang lebih tinggi untuk meningkatkan penjualan.

  • Manajemen uang lebih baik

Menerima kartu kredit dan beralih ke pembayaran online dapat menyederhanakan proses transaksi pembayaran dengan pelanggan.

  • Menghindari uang palsu

Dengan menggunakan layanan akun dan menerima pembayaran elektronik, Dapat menghindari kerumitan dan biaya yang terkait dengan uang palsu.

  • Kenyamanan pelanggan

Akun dapat membuat pelanggan senang melalui fleksibilitas untuk melakukan pembayaran dengan metode beragam.

Bagaimana cara kerjanya?

Pada dasarnya, cara kerja merchant sama seperti toko pada umumnya, operasional merchant adalah menjual berbagai barang dan juga melayani pihak konsumen.

Tinggalkan Balasan