Dalam Bisnis Ada Istilah Ekspansi, Namun Apa Itu?

Lalu, apa saja jenis-jenis dari istilah ekspansi dalam dunia bisnis?

Terdapat beberapa jenis ekspansi dalam dunia bisnis yang bisa di lakukan oleh suatu perusahaan. Beberapa jenis ekspansi bisnis tersebut di lansir dari accurate:

  • Merger (Penggabungan)

Merger adalah kegiatan menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan. Kegiatan ini di lakukan sebagai upaya untuk mengekspansi bisnis, yang mana perusahaan yang lebih dominan akan tetap menjaga identitas perusahaannya. Sementara perusahaan yang lemah akan semakin lemah dan tidak jelas identitasnya. Secara teori, merger di bedakan menjadi 3 yaitu vertikal, usaha berada di industri yang sama namun beda level operasional. Horizontal, sebuah perusahaan membeli perusahaan lain dengan tingkat operasi yang sama. Serta Konglomerasi, pengakuisisian beberapa industri.

  • Akuisisi (pemerolehan)

Akuisisi adalah kegiatan takeover atan pengambilalihan suatu bentuk kepemilikan saham atas suatu aset perusahaan yang di jalankan oleh sekelompok investor tertentu. Biasanya, jenis ekspansi ini di jalankan guna menjaga tingkat ketersediaan bahan pokok atau menjamin produknya bisa di serap dengan baik oleh pasar.

  • Hostile Takeover (Pengambilalihan Paksa)

Hostile Takeover adalah jenis akuisisi yang di lakukan kepada suatu perusahaan secara paksa. Usaha ekspansi ini di lakukan dengan membuka penawaran harga saham yang ingin di miliki di pasar modal dengan harga yang melebihi harga pasar. Hal ini pun membuat perusahaan langsung berpindah tangan, di ikuti dengan perombakan manajemen dan karyawan besar-besaran.

  • Leveraged Buyout (Pembelian Terutang)

Leveraged Buyout adalah usaha untuk memiliki perusahaan dengan cara meminjam uang untuk melakukan pembelian pada perusahaan tersebut. Teknik ekspansi ini tidak membuat pengusaha mengeluarkan modal terlalu banyak dalam sekali ekspansi. Hal ini karena uang atau modal akan di dapatkan dengan cara utang kepada pihak lain.

 

Keuntungan ekspansi yakni memberi mereka kemampuan untuk dengan cepat mengembangkan operasi yang ada di masa depan jika diperlukan. Namun, kekurangan ekspansi yakni bisa menjadi rumit untuk menentukan berbagai biaya yang akan dikeluarkan, ekspansi tersebut juga bisa menjadi tantangan. Opsi ekspansi akan memungkinkan perusahaan untuk menilai kondisi ekonomi di masa depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan