Pemerintah Menyiapkan 350 Unit Bus Gratis untuk Pemudik, Begini Cara Daftarnya!

Jabarekspres.comPemerintah, lewat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) kembali menggelar program mudik gratis untuk para pemudik, dikutip dari laman InfoPublik.id, Jumat (08/04/2022).

Program mudik gratis tersebut digelar guna menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo yang memperbolehkan keinginan besar masyarakat untuk pulang ke kampung halaman pada tahun sekarang.

Selain itu, program mudik gratis tersebut mempunyai maksud untuk meningkatkan aspek keselamatan pemudik.

Di samping itu, program mudik gratis itu juga diharapkan dapat mengurangi kegiatan mudik yang menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor).

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyarankan agar masyarakat tidak menggunakan kendaraan roda dua dalam pulang ke kampung halaman.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, apalagi dengan muatan yang sarat penumpang dan barang,” kata Budi, dalam media briefing kesiapan angkutan Lebaran 2022, Jumat (08/04/2022).

Ia pun memberikan solusi guna meminimalisir penggunaan kendaraan roda dua baik dalam arus mudik maupun arus balik nanti, yakni pihaknya menyediakan 350 unit bus gratis.

Kendati demikian, ia menyebut bahwa anggaran untuk program mudik gratis ini tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Anggaran (program mudik gratis) tahun ini tidak terlalu besar, dan kisaran masyarakat yang dapat ditampung hanya 10.500 penumpang dengan 350 unit bus,” kata Budi menjelaskan.

Rencananya, kuota bus mudik yang akan disiapkan ialah sebanyak 270 bus untuk mengangkut 8.100. penumpang atau pemudik.

Sementara itu, 80 bus disiapkan untuk membawa 2.400 pemudik dalam arus balik.

Selain itu, 34 unit truk juga akan disiapkan untuk mengangkut 1.020 unit kendaraan roda dua.

Program mudik gratis ini dibuka mulai hari sekarang, Sabtu (09/04/2022), dengan jadwal keberangkatan pada tanggal 28 April 2022.

Keberangkatan tersebut akan menuju 14 kota tujuan di Jawa Tengah: Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto.

Untuk keberangkatan arus balik, bus gratis tersebut akan berada di 5 titik kota: Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Bagi pemudik yang membawa kendaraan roda dua, Ditjen Hubdat telah menyiapkan 34 unit truk yang akan berangkat menuju Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan