Pemkot Bandung Ancam Potong Kabel Liar dari Provider Nakal Telekomunikasi

Jabarekspres.com, Kota Bandung — Pemkot Bandung mengancam akan memotong kabel-kabel liar milik para telekomunikasi dalam sidak yang dilakukan pada hari kemarin, Jumat (01/04/2022).

Meski ducting kabel fiber optik (FO) atau penamaan kabel dalam tanah di sepanjang ruas Jalan Ir. H. Juanda, Dago, telah rampung, namun Pemkot Bandung masih menemukan kabel optik kecil yang masih tercecer di atas jalan tersebut.

Pemkot Bandung lantas menyelidiki hal tersebut. Hasilnya cukup mengejutkan. Pasalnya, ternyata ada operator atau provider telekomunikasi yang “nakal”. Mereka melakukan hal culas dengan cara memasang kembali kabel yang telah disepakati untuk ducting.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan dengan tegas bahwa pihaknya tidak akan ragu untuk untuk memotong kabel FO yang bergelantungan hingga tidak sedap dipandang itu.

“Kalau ducting kabel ini secara keseluruhan sudah bagus. Tapi, saya kecewa saat menemukan masih ada provider bandel yang kembali pasang kabel di atas. Kita tidak segan untuk langsung potong kabel-kabel itu,” tegas Sekda Kota Bandung Ema, dikutip secara langsung dari laman resmi Pemkot Kota Bandung, Jumat (01/04/2022).

Ia pun menambahkan bahwa pihaknya akan membentuk tim yang ditugaskan untuk melakukan penyisiran malam guna mengawasi maupun menindak pihak-pihak provider nakal yang hendak lagi memasang kabel.

Kemudian, ia mengatakan akan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk melacak perusahaan yang menjadi muasal provider nakal tersebut.

“Koordinasinya di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung. Setelah kita potong, cari perusahaannya dari mana,” ungkapnya.

“(Provider nakal) Jangan dikasih ruang sama sekali. Perhatikan kabel kecil-kecil dan nyaru yang menempel ke kabel PLN. Langsung potong saja kabelnya kalau ketemu,” pungkasnya.

Hingga sekarang, kabel-kabel PLN sudah ditata dikencangkan. Adapun target akan selesai dalam dua pekan mendatang terkait sisa-sisa kabel mati yang masih tercecer di bawah tanah serta di beberapa trotoar yang rusak.

“Saya minta estetika trotoarnya juga dijaga. Hari ini kabel yang selesai harus digulung dan disingkirkan semua. Sisa kabel bawah tanah saya kasih target (selama) dua pekan (harus) selesai,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan