Jemaah An Nadzir di Gowa Akan Mulai Puasa Hari Jumat

GOWA – Jemaah An Nadzir di Kabupetan Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), menetapakan 1 Ramadan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022, meski begitu mereka mengaku akan mulai melaksanakan puasa pada hari jumat (1/4).

Alasan mereka mulai melaksanakan puasa di hari jumat karena berdasar penghitungan tim pemantau bulan An Nadzir, akhir bulan Syakban terjadi pada Jumat siang (1/4).

Perpisahan bulan Syakban ke Ramadan itu terjadi sekitar jam 14.39 siang, sehingga hari jumat siang sudah masuk ke bulan ramadan namun belum penuh.

Menurut Pimpinan Jemaah An Nadzir, Ustaz Samiruddin Pademmui mengatakan, jemaah  akan mulai berpuasa pada Jumat. Puasa tersebut belum masuk ke puasa Ramadan, namun  dilakukan dengan  niat puasa menjemput Ramadan.

“Namun estimasinya, hari Jumat kami sudah mulai berpuasa dengan niat menjemput Ramadan,” kata dia.

Puasa dengan niat menjemput Ramadan dilakukan jemaah An Nadzir karena di hari Jumat siang sudah terjadi perpisahan bulan Syakban ke bulan Ramadan. Hal itu juga sudah menjadi tradisi bagi jamaah An Nadzir, bila penghitungan akhir bulan atau perpisahan terjadi disiang hari.

Sementara penetapan 1 Ramadan diambil  setelah tim pemantau bulan An Nadzir melakukan pemantauan dan perhitungan, dimana  bulan Syakban sejak masuknya bulan purnama di hari ke 14, 15, dan 16 . Dan Ramadan sudah terlihat sempurna pada hari sabtu tersebut.

“Puasa penuh 1 Ramadan 1443 H terhitung Insyaallah, dimulai hari Sabtu, 2 April 2022,” kata Ustaz Samiruddin Pademmui. (pojoksulsel/rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan