Jokowi Minta Gaji Kepala Desa Dicairkan Setiap Bulan

Jabarekspres.com – Setelah mendengar aspirasi dari para anggota Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian agar bisa memberikan gaji untuk kepala desa setiap bulannya.

Presiden Jokowi mengatakan, dia tidak mengetahui kalau gaji kepala desa diberikan tiga bulan sekali.

Maka dari itu, Jokowi memerintahkan Mendagri untuk mengusahakan gaji kepala desa diberikan setiap bulan.

Gaji sebulan sekali? Saya nggak tahu kalau tiga bulan, akan kita rubah dan kita usahakan setiap bulan,” kata Presiden Jokowi dalam acara Silaturahmi Nasional APDESI di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3).

Presiden Jokowi menginginkan adanya kesejahteraan dari tingkat desa. Bahkan, dia menyebut aspirasi para anggota APDESI akan ditampung melalui Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat APDESI Surta Wijaya.

“Masih ada lagi? Nanti dikumpulkan saja di Ketua APDESI,” ucap Presiden Jokowi.

Dia menyebut, anggaran desa yang disalurkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp 468 triliun. Anggaran tersebut bukan nilai yang kecil bagi kebutuhan desa.

Karena itu, Jokowi menginginkan adanya pembangunan menyeluruh karena ketersediaan anggaran bagi setiap desa.

“Sampai tahun ini dana yang disalurkan untuk desa itu Rp 468 triliun, jangan dipikir itu uang kecil loh, itu guede sekali dalam sejarah negara ini berdiri,” ujarnya.

Dia menuturkan jumlah anggaran tersebut sebelumnya belum pernah diberikan, maka dari itu, dia mengimbau untuk berhati-hati dalam mengelolanya.

“Desa diberi anggaran sampai Rp 468 triliun, itu belum pernah, sebab itu hati-hati dalam mengelola duit yang sangat besar sekali,” pinta Jokowi menandaskan. (jawapos/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan