Ketersediaan Bahan Pangan Jelang Ramadhan di Sumedang, Begini Kata Kadisperindag

SUMEDANG – Ketersediaan kebutuhan bahan pangan menjelang Ramadhan di Kabupaten Sumedang dipastikan aman.

Diketahui, beberapa keburuhan bahan seperti bawang hingga tomat telah mengalami perubahan harga di Pasar Parakanmuncang di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Kendati demikian, Kepala Dinas Perindrustian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa menegaskan, ketersediaan bahan pangan masih aman.

Dia menyampaikan, untuk kebutuhan bahan pangan menjelang Ramadhan sudah dilakukan pemantauan, sehingga tidak perlu khawatir terjadi kelangkaan.

“Aman, kebutuhan sembako di Sumedang dipastikan aman,” kata Hari kepada Jabar Ekspres melalui panggilan telepon, Rabu (23/3).

Tak hanya kebutuhan bahan pangan bagi masyarakat, minyak goreng yang sempat langka pun, ditegaskan Hari, ketersediaannya cukup banyak.

“Sembako untuk kebutuhan masyarakat aman, minyak goreng juga banyak tersedia. Walaupun sudah tidak HET (Harga Edar Tertinggi) lagi,” ujarnya.

Hari menerangkan, HET sebelumnya untuk minyak kemasan 1 liter dijual Rp14 ribu rupiah, namun saat ini sudah dilepas harga pasar.

Sementara itu, Hari menjelaskan, beberapa waktu yang akan datang, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang siap gelar operasi pasar.

Hal itu diupayakan selain bertujuan membantu meringankan kebutuhan warga, juga sebagai antisipasi jika harga bahan pangan mengalami lonjakan.

“Akan ada operasi pasar murah nanti. Lokasinya titik operasi pasarnya masih dikoordinasikan,” ucap Hari.

Dia memaparkan, dalam pelaksanaan operasi pasar murah tersebut nantinya digelar bersama Disperindag Provinsi Jawa Barat.

Dia menegaskan, untuk keburuhan pangan menjelang Ramadhan dipastikan ketersediaannya aman.

Tak hanya itu, Hari mengatakan, untuk harga-harga kebutuhan pokok di pasar-pasar wilayah Kabupaten Sumedang sementara ini masih stabil. (mg5)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan