Harga Cabai Turun, Bawang Putih Naik

BANDUNG – Harga cabai hijau dan rawit yang sempat naik, kini sudah terbilang landai. Namun untuk bawang, harganya tetap naik, malah bisa dibilang melonjak.

Keresahan tersebut diungkapkan pedagang sembako, Rian, 26. Menurutnya, tak seperti bawang, harga cabai saat ini sedang biasa-biasa saja. Cenderung menurun.

“Cengek dan cabai merah turun lagi. Standar. Biasanya yang ada di kisaran Rp70 ribu, sekarang Rp50 ribu dijual,” ujarnya kepada wartawan Jabar Ekspres di Pasar Kiaracondong.

“Lalu ada cabai rawit yang pas naik di kisaran Rp60 ribu, sekarang mah bisa Rp45 kami jual,” sambungnya.

Sementara untuk harga bawang yang naik. Khususnya bawang putih, kata Rian, saat ini harganya menyentuh pada kisaran Rp32 ribu per kilo.

“Beli ke pemasok Rp26 ribu, lalu dijual ke pembeli sebesar Rp32 ribu. Sisanya standar cenderung turun,” jelasnya sambil menunjuk dagangan cabai miliknya.

Senada Rian, pedagang bawang lainnya, Ani, 44 yang berjualan tak jauh dari lapak Rian di Pasar Kiaracondong, mengakui bahwa tak seperti cabai, harga bawang malah melonjak.

“Kalau stok, mah, banyak. Masih aman. Cuman harganya enggak aman. Barang mah tergantung dari petaninya,” ujar Ani seraya berseloroh.

“Tapi biasanya kalau menjelang Ramadhan atau Lebaran mah, mau banyak atau sedikit, harganya mahal. Lantaran permintaan sedang banyak,” sambung Ani.

Ani menambahkan, bawang putih dan bawang bombai naik sampai Rp11 ribu. Adapun harga cabai sudah dirasa aman semenjak seminggu yang lalu.

“Sekarang saya menjual (bawang putih, red) Rp35 ribu per kilo. Sedangkan kalau beli ke pemasok di kisaran Rp28 ribu,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan