7 Alasan Mengapa Berlibur Baik Untuk Kesehatan Mental Selama Pandemi

Jabarekspres.com Pandemi Covid-19 membuat dunia terbalik. Semua aktivitas yang biasanya bisa dilakukan di luar, kini terpaksa harus dilakukan dari rumah saja.

Mulai dari bekerja, kuliah, seminar, dan beragam kegiatan lainnya. Bahkan, beberapa acara harus ditunda, bahkan terancam dibatalkan.

Adaptasi terhadap perubahan baru ini, menjadi suatu kesulitan sendiri bagi sebagian orang. Akibatnya, tidak sedikit orang yang mengalami masalah kesehatan mental.

Menurut survei yang dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) dengan melakukan 4010 hasil periksa masalah psikologis selama 5 bulan di Indonesia, menunjukan hasil 64,8 persen diantaranya mengalami masalah psikologis.

Salah satu hal yang dapat membuat kesehatan mental kembali pulih adalah liburan. Setelah vaksin diberikan, kita dapat sedikit bernafas lega. Karena pembatasan mulai dilonggarkan.

Masih memiliki sisa cuti? Yuk waktunya merencanakan liburan. Jika Anda masih takut dengan kerumunan manusia di banyak tempat wisata. Anda bisa melakukan staycation di hotel di Bandung dan hotel di Puncak. Selain dekat dengan Ibu kota, aksesnya juga mudah dijangkau.

Berikut ini 7 alasan mengapa berlibur baik untuk kesehatan mental selama pandemi.

1. Mengurangi Depresi

Depresi merupakan gangguan mental yang membuat penderitanya terus merasa sedih dan kehilangan minat. Bahkan, pada hal-hal yang disukai sebelumnya. Jika Anda atau orang didekatmu merasakan hal yang seperti ini segeralah berlibur, agar suasana hati menjadi lebih baik.

Salah satu manfaat berlibur untuk kesehatan mental adalah mengurangi depresi. Bahkan, secara signifikan dan lebih efektif dalam mengurangi gejala daripada kegiatan rekreasi pasif seperti menonton video atau mencari hiburan  melalui media sosial.

2. Menghilangkan Stres

Bekerja di kota dengan tingkat stres tinggi seperti Jakarta dan harus beradaptasi dengan kebiasaan baru saat bekerja atau WFH (Work From Home), memicu stres dua kali lipat dari sebelumnya.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk liburan panjang dan jauh dari ibu kota, hotel di Puncak bisa menjadi pilihan. Selain itu Anda bisa menikmati wisata menarik di sekitar sana seperti Taman Safari Indonesia, Curug Cilember, Kebun Raya Cibodas, Kota Bunga, Telaga Warna,  Agrowisata Gunung Mas Kebun Teh Walini dan masih banyak lagi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan