Begini Kata Saksi Soal Detik-Detik Pesawat China Eastern Airlines Jatuh

Jabarekspres.comPesawat Boeing 737 milik China Eastern Airlines yang membawa 132 penumpang dan kru jatuh di pegunungan wilayah Guangxi, Tiongkok, Senin (21/3).

Pesawat China Eastern Airlines kehilangan kontak dengan pengontrol lalu lintas udara (ATC) sebelum akhirnya terjun bebas.

Diduga pesawat China Eastern Airlines meledak. Karena api dan asap tebal terlihat dari kejauhan.

Detik-detik pesawat China Eastern Airlines di Provinsi Guangxi jatuh, Senin (21/3) waktu setempat itu diungkapkan oleh salah satu saksi mata di pedesaan dekat Kota Wuzhou,

Dikutip dari media lokal via AFP, salah satu penduduk desa membeberkan pesawat jenis Boeing 737 itu jatuh ke perbukitan.

Pesawat bernomor MU5735 langsung meledak setelah menghantam bukit-bukit sehingga menyebabkan kebakaran hutan.

“Lokasi tepat kecelakaan berada di Pedesaan Langna di daerah Teng,” ujar salah satu pejabat desa kepada AFP.

Salah satu pengguna Twitter, merilis video yang tampak menunjukkan bukit terbakar. Api menyala-nyala dan asap hitam terlihat membumbung.

“China Eastern Airline, Boeing 737 yang mengangkut 133 penumpang, kecelakaan di Guangxi. Dilaporkan menabrak perbukitan, api terlihat di lokasi kejadian. Penyebab kejadian belum diketahui,” tulis akun @MUBreaking, Senin (21/3).

Menurut Aviation Safety Network, jatuhnya pesawat China Eastern Airlines ini merupakan kecelakaan penerbangan pertama di Tiongkok yang fatal dalam 10 tahun terakhir.

Tiongkok selama ini terkenal akan keamanan penerbangannya. Sebab, aturan di negara tersebut sangat ketat.

Kecelakaan pesawat terakhir di China terjadi pada 2010. Kala itu, 44 dari 96 orang di dalamnya tewas ketika jet regional Embraer E-190 yang diterbangkan Henan Airlines jatuh, saat mendekati bandara Yichun dalam jarak pandang rendah.

Sementara itu, kecelakaan penerbangan komersial China yang paling mematikan adalah kecelakaan China Northwest Airlines pada 1994, yang menewaskan semua 160 penumpang.

Presiden Tiongkok Xi Jinping meminta agar semua upaya dikerahkan untuk penyelamatan. Penyebab pasti kecelakaan harus diselidiki secepatnya. Dampak kecelakaan juga harus ditangani dengan benar. (bbs/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan