Harga Minyak Mentah Dunia Mahal, Apakah Pertalite Ikut Naik?

Jakarta- Saat ini harga minyak mentah dunia masih berada di atas 110 Dolar AS per barrel. Hal ini membuat kekhawatiran akan kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM di Indonesia seperti pertalite ikut naik atau tidak?

Atas kekhawatiran tersebut pemerintah memberikan jawaban atas naik atau tidaknya harga BBM di Indonesia.

guna melindungi masyarakat pemerintah Indonesia menyatakan tidak akan menaikkan harga BBM sehingga harga pertalite tidak ikut naik.

Agung Pribadi selaku Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM meneyebutkan mahalnya minyak mentah dunia tersebut berdampak pada harga BBM.

Tetapi pemerintah tetap menetapkan harga BBM jenis Pertalite sebesar Rp 7.650 per liter karena paling banyak digunakan masyarakat.

“Untuk melindungi masyarakat, BBM bersubsidi seperti solar, minyak tanah, dan BBM yang paling banyak dikonsumsi masyarakat seperti Pertalite harganya tetap dijaga,” katanya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Senin (21/3).

Kementerian ESDM telah menetapkan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) Februari 2022 sebesar 95,72 dolar AS per barel.

Sedangkan angka sementara ICP Maret 2022 sampai tanggal 17 sebesar 114,77 dolar AS per barel. “ICP sementara masih tinggi di atas 114 dolar AS per barel, harga minyak Brent lebih tinggi lagi.

Tingginya harga minyak tidak hanya berdampak pada APBN, tetapi harga penyediaan BBM,” pungkas Agung.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *