Produk Pesantren dan UMKM Jabar yang Dipamerkan di Mandalika Ludes Terjual

LOMBOK – Berbagai produk pesantren dan UMKM Jabar ludes terjual di ajang pameran, Mandalika Experience Expo 2022.

Pameran yang digelar di Parkir Timur, Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat itu menampilkan berbagai produk pesantren dan UMKM Jabar

Dalam ajang tersebut, stan dari Jawa Barat menampilkan berbagai produk pesantren dan UMKM Jabar yang telah lolos kurasi di antaranya produk racing, cendaramata dan makanan minuman olahan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jabar Kusmana Hartadji mengatakan, pameran produk merupakan hasil binaan dari program inovasi OPOP (One Pesantren One Product).

Kreasi Jabar di Mandalika sangat startegis  terutama dalam memperkenalkan produk pesantren dan UMKM Jabar  ke pasar dunia.

“Event motor GP merupakan ajang internasional yang banyak dihadiri penonton dari dalam, maupun luar negeri,” kata Kusmana di lokasi pameran, Sabtu (19/3).

Untuk desain stan Jabar di pameran ini sangat menarik dengan produk-produk yang kreatif pula, sehingga ruang pamer Jabar banyak dikunjungi dan produknya diminati pengunjung.

Beberapa hasil produk dari stan Jabar seperti handuk, Tumble yang terbuat Bambu habis terjual dan banyak diminati oleh masyarakat yang mengunjungi pameran.

‘’Tumbler Bambu produksi MQ Art UMKM Juara juga laris manis. Bahkan perajin Bambu NTB memborong produk MQ Art,” ungkapnya.

MQ Art sebagai UMKM juara Jabar 2021, sesuai dengan komitmen Pemda Provinsi Jabar dan Pemda Provinsi NTB, MQ Art akan memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM bambu di NTB.

Pelatihan tersebut dinilai penting mengingat  potensi bambu di NTB relatif banyak. Pemprov Jabar melalui Kreasi Jabar juga berkolaborasi dengan Disperin NTB untuk membuat edisi spesial kemasan kuliner legendaris NTB.

Kusmana menambahkan pula, bahwa lokasi pameran di Parkir Timur Sirkuit Mandalika sangat strategis sebagai tempat untuk penukaran tiket online Moto GP Mandalika 2022.

“Otomatis mereka yang melakukan penukaran tiket melewati lokasi pameran, dan banyak yang membeli produk UMKM Jabar,” ucapnya.

Adapun berbagai produk yang ditampilkan dalam Ruang Pamer Jabar (Stand West Java) sebagai berikut:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan