Duta Baca Terpilih Diharapkan Jadi Ikon Perpustakaan

BANDUNG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar Pemilihan Duta Baca Tahun 2022 dengan tema “Peran Duta Baca dalam Menjembatani Masa Lalu ke Masa Depan” di Aula Graha Pustaloka, Dispusipda Jabar, Rabu (17/3).

Para Finalis Duta Baca Jawa Barat 2022 yang mengikuti pemilihan ini terdiri dari perwakilan Kab/Kota, yang terpilih dari seleksi yakni Penilaian Video, Tes Tertulis, dan Wawancara Terbuka.

Dari serangkaian pemilihan ini, telah terpilih finalis yang resmi menyandang gelar pemenang Duta Baca Jawa Barat 2022 diantaranya:

Juara 1 Putra: Lisan Shidqi Zul Fahmi – Kota Sukabumi, Juara 2 Putra: Bara Athaya Magribhi – Kota Bandung, dan Juara 3 Putra: M. Hafidz Nooradillah – Kabupaten Sumedang.

Sementara untuk putri, Juara 1: Andra Nurhaliza – Kabupaten Karawang, Juara 2 Putri: Alfi Fahimiah – Kabupaten Pangandaran, dan Juara 3 Putri: Widia Nurjayanti Putri – Kota Tasikmalaya.

Pada pemilihan ini, Dispusipda hadirkan juri yang kompeten dan berpengalaman. Yaitu; H. Billy Mohamad Sobirin (Enterpreneur dan Entertain), Imam Muhammad Agung Fauzy,(Personal Branding dan Soni Sonjaya, (Public Speaking).

Ketua pelaksana sekaligus Kepala Bidang Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM) Dispusipda Jabar, Dr. H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH, MM mengatakan, pemilihan Duta Baca ini dilatarbelakangi program pembangunan bidang perpustakaan. Meningkatkan kualitas perpustakaan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

”Program pengembangan budaya baca dan literasi serta pembinaan perpustakaan dengan sasaran meningkatnya pemberdayaan perpustakaan umum kabupaten /kota berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Jawa Barat,” ucap Ateng melalui keterangan tertulisnya, Kamis (17/3).

Ia menjelaskan, Dispusipda Jabar terus berupaya melakukan pembudayaan kegemaran membaca dan literasi kepada masyarakat melalui pemberdayaan perpustakaan dengan melaksanakan program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan.

”Dalam mendukung kegiatan Dispusipda Provinsi Jawa Jarat, Duta Baca mampu mengomunikasikan dan membentuk ikon perpustakaan,” jelasnya.

”Untuk pembekalannya, diperlukan agar peserta mengetahui dan memahami tugas yang akan diemban selaku Role Model dan Brand Ambassador dari Dispusipda Jabar dalam kegiatan pembudayaan kegemaran membaca,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. Hening Widiatmoko, MA dalam sambutannya menyampaikan Visi Jawa Barat Tahun 2018-2023 adalah terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan inovasi dan kolaborasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan