Lebak Diguncang Gempa magnitudo 5,1 Dan Masih Terjadi Gempa Susulan

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa di Pantai Selatan Lebak, Banten pada Sabtu, 12.31.07 WIB itu dengan magnitudo 5,1.

Gempa berpusat di laut pada jarak 28 kilometer arah selatan Cihara, Kabupaten Lebak dengan kedalaman 10 kilometer.

“Gempa selatan Lebak ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut,” kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Sabtu (12/3).

Data tersebut sempat diperbaiki memalui pemutahiran data, dari yang sebelumnya kekuatan gempa mencapai Magnitudo 5,3 kini menjadi  Magnitudo 5,1.

Dari data laporan tersebut, diketahui Gempa yang terjadi di Lebak ini memiliki mekanisme pergerakan geser mengiri (sinistral strike-slip).

Jika mencermati mekanisme sumber gempa yang dipicu sesar geser mengiri (sinistral strike-slip) maka ada dugaan pembangkit gempa tersebut merupakan kemenerusan Sesar Cimandiri di laut dengan karakteristik mekanisme geser mengiri juga.

Meski gempa berkedalaman dangkal dan berpusat di laut, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami karena magnitudo relatif kecil sehingga deformasi yang terjadi belum mampu mengganggu kolom air laut.

Gempa  dirasakan di Malingping, Cinangka, Bayah, Pelabuhan Ratu dalam skala intensitas III-IV MMI. Di Kota Lebak, Panggarangan, Labuan dirasakan dalam skala intensitas III MMI.

Di Munjul, Tanara, Anyer, Cianjur, Kota Sukabumi, gempa dirasakan dalam skala intensitas II-III MMI, sedangkan di Kota Serang, Tangerang, Serpong, Jakarta guncangan juga dirasakan dalam skala intensitas II MMI.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa Lebak M5,1 tersebut.

Hingga pukul 13.25 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi enam gempa susulan (aftershocks) dengan magnitudo 2,9 hingga 4,4. (ant/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan