Jumlah Stok Darah di PMI Depok Terus Menurun

DEPOK – Jumlah stok darah donor di markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok terus berkurang. Penyebab menurunnya stok darah karena tingginya permintaan.

Hal itu dikonfirmasi Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi’raz yang menyebut saat ini pihaknya sedang membutuhkan kesukarelaan warga untuk mendonorkan darahnya menimbang stok darah yang terus menipis.

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang ke Markas PMI Kota Depok. Harapan besar kami, semoga masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya,” kata Dudi, Sabtu (12/3).

Pihaknya mengatakan, warga yang ingin donor darah secara sukarela bisa datang di jam operasional PMI Kota Depok yang dibuka pada pukul 08.00 hingga 20.30 WIB.

Bagi yang belum pernah ke markas PMI Kota Depok, ia menginformasikan bahwa alamat markas PMI Depok terletak di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC).

Ia juga menambahkan bahwa berkaca pada pengalaman sebelumnya, menjelang Ramadan biasanya permintaan darah cukup tinggi sehingga membuat persediaan darah di PMI akan semakin berkurang.

Disebutkan bahwa permintaan darah tidak hanya dari Kota Depok saja, tetapi juga dari luar daerah, seperti Jakarta, Bogor dan sebagainya. Dudi menyebut, pihaknya tidak bisa menolak permintaan tersebut atas dasar kemanusiaan.

“Siapa pun yang meminta, tidak bisa kita tolak. Sekarang yang terpenting kebutuhan stok darah,” urai Dudi.

Untuk itu, jika tidak ada tambahan, maka besar kemungkinan darah yang tersedia di markas PMI Kota Depok akan habis.

“Jumlah stok darah per Jumat kemarin pukul 08.40 WIB tersisa golongan darah A tiga labu, B 10 labu, AB dua labu dan O tujuh labu. Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan,” ucapnya. (mg2)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan