Lurah Curug Beberkan Faktor untuk Ciptakan Lingkungan Sehat

DEPOK – Lurah Curug, Kecamatan Bojongsari, Juanda membeberkan sejumlah faktor untuk dapat menciptakan lingkungan menjadi bersih dan sehat bagi masyarakat.

Menurutnya, lingkungan yang bersih memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Antara lain, memberikan rasa nyaman, dan yang terpenting adalah kesehatan.

Dikatakan, kesehatan didapatkan dari gaya hidup yang sehat dan ditunjang oleh lingkungan sekitar yang bersih. Untuk itu, semua harus seimbang untuk membangun kesehatan masyarakat.

Menimbang pentingnya kebersihan lingkungan sebagai pangkal kesehatan masyarakat membuat pihaknya kembali mengajak masyarakat Bojongsari untuk memegang prinsip rumah sehat.

Ajakan tersebut dilakukan dalam bentuk kegiatan sosialisasi yang melibatkan sejumlah unsur dan perangkat pemerintahan di tingkat kelurahan.

“Mulai dari ketua RT, RW, kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dan Posyandu ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ungkap Juanda, Jumat (11/3).

Pihaknya menyebut, pada sosialisasi kali ini bekerja sama dengan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Puskesmas Bojongsari dalam menyampaikan materi.

“Berharap melalui kegiatan sosialisasi ini dapat menciptakan lingkungan yang sehat yang nantinya memberikan banyak manfaat kepada warga,” ujarnya.

Adapun, lanjut dia, beberapa faktor yang dapat menciptakan rumah sehat antara lain memiliki saluran pembuangan dan septic tank yang terjaga.

Selanjutnya, ungkap dia, tidak terlalu banyak penghuni dalam satu rumah atau maksimal lima sampai enam penghuni saja.

“Kemudian terdapat ventilasi dan pencahayaan yang cukup sebagai sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam rumah,” ucap dia.

Ia menambahkan, setiap rumah juga harus memiliki bangunan yang kokoh, sebagai penopang rumah yang akan ditinggali dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Termasuk penghuni rumah juga berkontribusi dalam menciptakan rumah yang sehat dengan kesadarannya. (mg2/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan